SMK Batam Raih Juara Umum OSTN Provinsi Kepri

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari Kota Batam, berhasil meraih juara umum pada ajang Olimpiade Sains Terapan Nasional (OSTN) SMK tingkat Provinsi Kepri ke 2 Tahun 2014 yang dilaksanakan di Hotel Sempurna Tanjungpinang, pada Kamis (28/8).

“Dari hasil lomba OSTN tersebut, Batam paling banyak meraih juara, terutama untuk juara I disusul Kota Tanjungpinang dan Tanjungbalai Karimun. Sedangkan para juara ini nantinya, akan dikirim untuk mewakili Provinsi Kepri di ajang OSTN tingkat nasional di Mataram, Nusatenggara Barat (NTB) pada 4 September 2014 mendatang. Dan lusa 1 September mendatang, para juara diberangkatkan untuk mewakili Kepri,” kata Pembina SMK Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepri, Osnardi MPd, Sabtu (30/8).

Osnardi menambahkan, para siswa yang berhasil meraih juara 1 pada ajang OSTN yang mewakili Provinsi Kepri untuk tingkat nasional tersebut, akan mendapat pembinaan dan didampingi oleh pihak sekolahnya.

Namun, sebelumnya peserta dikirim, terlebih dahulu diberikan semangat dari Dinas Pendidikan Kepri.

Ia berharap, pada OSTN kali ini, Batam, Tanjungpinang dan Tanjungbalai Karimun, bisa meraih juara pada setiap bidang yang dilombakan.

“Harapan kita, mudah – mudahan bisa meraih juara tingkat nasional, karena kita menjagokan dan menargetkan untuk bidang Matematika Teknologi terapan dan Fisika terapan bisa meraih juara I. Karena berdasarkan dari pengalaman tahun lalu sebelumnya, untuk bidang Matematika Terapan, dan matematika non teknologi, serta fisika selalu meraih juara II tingkat nasional,” ujar Osnardi.

Bahkan, Ia menyampaikan, bila prestasi para pelajar SMK ditingkat nasional cukup membanggakan, maka bisa juga nanti menembus tingkat internasional.

Sementara, bidang yang diperlombakan pada OSTN ini, katanya, sebanyak lima kategori dan diikuti oleh lima Kabupaten/ Kota se Kepri, dan diikuti sebanyak 44 siswa SMK se Kepri, kecuali Anambas dan Natuna.

“Lima kategori tersebut, yakni Kimia terapan, Biologi Terapan, Matematika Teknologi terapan, Matematika NonTeknologi dan Fisika Terapan. Sedangkan untuk lima Kabupten Kota tersebut yaitu Kota Batam, Kota Tanjungpinang,” katanya.

Sementara yang juara dari lomba tersebut, untuk berangkat menuju ketingkat nasional pada lima bidang lomba tersebut, yang akan berangkat nanti hanya lima siswa dan sudah tersaring meraih juara I.

Sedangakan untuk satu bidang diikuti oleh satu siswa dan setiap siswa akan didampingi oleh satu guru dari bidang studi masing – masing,” katanya.

Dengan adanya OSTN bagi siswa SMK ini, sambung dia, diharapkan bisa dapat mengukurkemampuan siswa dalam penguasaan sains. Selain itu, dapat memotivasi para siswa, baik yang ikut OSTN maupun siswa lainnya. Disamping itu juga, melalui OST ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dan citra SMK.

Karena tujuan dari kegiatan ini, katanya, yaitu untuk mengembangkan sikap kompetitif dikalangan siswa SMK, untuk meningkatkan citra kemampuan siswa SMK. Dan terakhir tujuanya sebagai seleksi untuk ketingkat Provinsi Kepri, yang mewakili Kepri ditingkat nasional yang akan diselenggarakan di Mataram – NTB. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

BLH Dan Satpol Hentikan Dumtruk Bawa Tanah Timbun

Read Next

Festival Layang – Layang Tarik Wisatawan Mancanegara