Hari Jadi Tanjungpinang, Gubernur Bantu 3 Mobil Operasional

Tanjungpinang, Isukepri.com – Dalam rangka memperigati hari jadi Kota Tanjungpinang yang ke 231, Provinsi Kepri memberikan batuan 3 unit mobil untuk operasional kepada Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Bantuan tersebut langsung diserahkan oleh Gubernur Kepri, H Muhammad Sani kepada Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmasyah. Dan mobil yang diserahkan tersebut yaitu mobil sampah, damtruk dan tangki air.

Asisten I Pemko Tanjungpinang, Suyatno selaku ketua pelaksana kegiatan hari jadi Kota Tanjungpinang ke 231 mengatakan, peringatan hari jadi Tanjungpinang bertujuan menyebarluaskan peradabatan Tanjungpinang pada masyarakat.

“Sebelumnya, Pemerintah Kota Tanjungpinang dalam memperigati hari Jadi Tanjungpinang ini, ditandai dengan mengunjungi para makam sejarah Melayu yang ada di Kota Tanjungpinang.

Selain itu, Ketua LAM Kota Tanjungpinang, Wanrumadi mengatakan, dalam peringatan hari jadi Kota Tanjungpinang, seluruh masyarakat harus menjunjung tinggi adat Melayu.

“Adat Melayu ini harus dipertahankan, contoh pada acara adat perkawinan di Kota Tanjungpiang, sekarang telah banyak memakai adat Melayu seperti tepung tawar,” katanya.

Untuk menjunjungi tinggi adat Melayu, masyarakat Tanjungpinang Provinsi Kepri, sehari – hari harus mengucapkan bahasa Melayu.

“Kita harus mengucapkan bahasa Melayu dimanapun, karena sesuai dengan istilah dimana langit dijunjung disana bumi dipijak,” ucapnya.

Dalam sambutannya, Walikota Tanjungpinang, H Lis Darmasyah mengatakan, Tanjungpinang merupakan pintu masuk pulau Bintan, yang dahulunya merupakan tempat kota perdagangan perekonomian.

“Bila dilihat dari segi ekonomi, pertumbuhan ekonomi Tanjungpinang persentase diatas pertumbuhan perekonomian nasional,” katanya.

Untuk meningkat kesejahteraan masyarakat selain meningkat, perekonomian Tanjungpinang, katanya, banyak pogram – pogram yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang kedepan.

“Perlu kerja keras dan saling bahu membahu untuk Tanjungpinang yang lebiih baik dan untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar Lis.

Sementara, Gubernur Provinsi Kepri, H Muhammad Sani menyampaikan, dalam peringatan hari jadi Kota Tanjungpinang ke 231, untuk seluruh masyarakat Kota Tanjungpinang Provinsi Kepri, harus saling kompak dan saling medukung satu sama lainya.

“Karena kita berada di tanah Melayu dan apabila saling mendukung sama lainnya, maka insyallah bisa memenuhi keinginan masyarakat supaya lebih sejahtera,” kata Sani.

Namun Sani tertarik dengan tema peringatan hari jadi Kota Tanjungpinang yang ke 231, yaitu salah satu temanya “berahklak mulia dan ini sesuai dengan salah satu visi misi Provinsi Kepri.

“Untuk mencapai yang berahklak mulia tidak mudah. Salah satu untuk mendukung tersebut harus melalui pendidikan yaitu dengan cara mengenalkan Gurindam 12. Untuk pak Lis, coba di tahun ini kita kenalkan lagi Gurindam 12 ini di sekolah – sekolah di Tanjungpinang. Karena makna dalam Gurindam 12 merupakan nasehat – nasehat yang dibikin oleh Raja Ali Haji yang diambil dari Alquran,” ucap Sani.

Peringatan hari jadi tersebut, selain Gubernur dan Walikota Tanjungpinang, juga dihadiri pimpinan yang mewakili DPRD Provinsi Kepri, kepala SKPD, Camat, Lurah, LAM Tanjungpinang Kepri, pemuda, tokoh adat Melayu dan pemuka masyarakat. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

MenPAN Minta Pemerintah Daerah Ambil Hasil Seleksi CPNS

Read Next

Wawako Minta Pengusaha di Batam Dukung Program Pembangunan 2015