80 Pelajar SMA dan SMK di Tanjungpinang Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Sebanyak 80 pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Tanjungpinang mengikuti pendidikan dan latihan (Diklat) serta pelatihan jurnalistik di Hotel Comfort Tanjungpinang, Jumat (5/12). Acara itu juga, dibuka oleh Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah SH.

Diacara itu, Lis mengatakan, menjadi seorang humas bukanlah hal yang gampang. Ada syarat – syarat tertentu yang wajib dimiliki seorang humas, diantaranya adalah tetap tersenyum.

Selain itu, Lis juga menyampaikan, kehumasan erat kaitannya dengan dunia jurnalistik. Oleh sebab itu, orang – orang yang terlibat dalam kegiatan kehumasan dan jurnalistik adalah kaum elit yang kreatif dan inovatif dalam mengolah bahasa serta rajin membaca.

Menjadi seorang humas bukan hal yang sepele. Karena mereka bertugas membangun komunikasi yang baik antar sesama stakeholders di semua sector, papar Lis.

Bahkan, kata Lis, untuk menekuni dunia kehumasan dan jurnalistik, SDM yang bersangkutan harus berwawasan luas dan gemar membaca dan mencari informasi.

“Untuk membentuk SDM tersebut, haruslah dimulai sejak usia sekolah,” ujarnya.

Lis berharap, kedepannya setiap sekolah wajib menggiatkan school newspaper, sebagai media internal dalam mengakomodir kebutuhan pendidikan di sekolahnya.

Media inilah yang akan menjadi jembatan antara sekolah dan pemerintah, agar komunikasi dan koordinasi antar semua
stakeholders yang terlibat didalamnya tetap terjalin dan permasalahan pendidikanpun dapat diatasi, ucapnya.

Karena, kata dia, orang – orang yang menekuni dunia jurnalistik adalah orang – orang elit.

Maka, kalian yang ada diruangan ini adalah orang – orang pilihan yang memiliki motivasi untuk menciptakan pelayanan publik bidang pendidikan di lingkungan sekolah masing – masing, tidak rugi punya ilmu kehumasan. Karena dimanapun kalian bekerja nantinya, ilmu tersebut bisa diterapkan,” papar Lis.

Karena kegiatan ini, menurut Lis, bukanlah kegiatan seremonial belaka. Sebab, setiap sekolah yang menggiatkan kegiatan kehumasan dan jurnalistik sebagai pelayanan publik di bidang pendidikan di sekolahnya akan mendapat dukungan penuh dari pemerintah.

“Media internal sekolah nantinya, akan berisi tentang perkembangan pendidikan yang akan diteruskan kepada pemerintah. Ini merupakan jembatan komunikasi bagi kita,” katanya.

Sementara, diklat kehumasan dan pelatihan jurnalistik tersebut digelar oleh Bagian Humas dan Protokol Setdako Tanjungpinang selama 2 hari, mulai dari 5 – 6 Desember 2014.

Kabag Humas dan Protokoler Pemko Tanjungpinang, Faisal Pahlevi menyampaikan, semua peserta yang mengikuti pelatihan terdiri dari para siswa/ i SMA/ SMK sederajat yang dikirim dari sekolah masing – masing, dengan menghadirkan narasumber dari salah satu media cetak.

“Para peserta diinapkan selama 1 malam di Hotel Comfort dengan mendapatkan pengawasan penuh dari panitia pelaksana,” kata Faisal. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Korupsi KPU, Kejaksaan Masih Tunggu Hasil Audit BPK

Read Next

Sengketa Fasum, RDP Komisi I Tak Buahkan Hasil