DKP Kepri Gelar Lomba Masak Serba Ikan

 

Raja Ariza, Kepala DKP Kepri
Raja Ariza, Kepala DKP Kepri

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Riau, menggelar lomba masak serba ikan se – Kepri tahun 2014, di lapangan terbuka Anjung Cahaya Tepi Laut Tanjungpinang, Sabtu (31/5) pagi. Lomba itu juga, merupakan yang ke tujuh kalinya dilaksanakan oleh DKP Kepri dan diikuti oleh lima tim peserta dari 7 kabupaten/ kota di Kepri.

Acara yang bertemakan kegiatan Lomba Masak Serba Ikan dan Lomba Cipta Menu Beragam dan Bergizi Seimbang serta Aman Berbasis Sumber Daya Pangan Lokal yang diselenggarakan DKP Provinsi Kepri serta Badan Ketahanan Pangan Provinsi Kepri tersebut, dibuka oleh Ketua Penggerak PKK Provinsi Kepri, Hj. Aisyah Sani.

Perlombaan tersebut, melibatkan para Tim Penggerak PKK kabupaten/ kota se – Kepri, yang juga sebagai peserta. Sedangkan, tim penilai atau juri pada lomba masak tersebut, dari Badan Ketahanan Pangan Nasional dan sejumlah chef dari hotel berbintang di Lagoi serta dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepri.

Dalam sambutannya, Ketua TP – PKK Provinsi Kepri, Hj. Aisyah Sani menyampaikan, guna mencerdaskan generasi penerus bangsa, sejak kini bisa menyediakan menu yang bergizi untuk anak, merupakan tuntutan bagi kaum ibu di dalam rumah tangga.

“Para ibu rumah tangga di Kepri, saya harap dapat lebih kreatif membuat menu makanan yang sehat, aman dan bergizi dari ikan,” ucap Aisyah.

Aisyah mengatakan, melalui lomba masak serba ikan tingkat Provinsi Kepri dan lomba cipta menu beragam yang dilaksanakan tersebut, akan menjadi momentum dalam mendorong masayarakat, khususnya pada ibu dalam menciptakan menu baru non beras dan non sagu.

“Hal itu, agar masyarakat terus mengkonsumsi ikan sebagai sebuah kebutuhan dari menu lokal,” ujarnya.

Ia mengutarakan, lomba memasak yang dilaksanakan tersebut, merupakan agenda tahunan DKP dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepri. Sehingga, dengan rutinnya memakan ikan, diharapkan dapat mencerdaskan generasi penerus bangsa, meningkatkan ketahanan pangan dalam mewujudkan keluarga bahagia, sejahtera, maju dan sehat.

“Melalui kegiatan ini, saya mengimbau masyarakat agar dapat meningkatkan mengkonsumsi ikan dalam menu sehari – hari. Ayo makan ikan, agar generasi kita sehat, kuat dan cerdas,” katanya.

Aisyah berharap, melalui kerjasama PKK dengan kader serta ibu – ibu di seluruh pelosok Kepri, agar dapat meningkatkan dipersifikasi produk unggulan. Sehingga dapat menciptakan produk unggulan dan ikon makanan Provinsi Kepri, paparnya.

Sementara itu, Kepala DKP Provinsi Kepri, Raja Ariza mengatakan, pelaksanaan lomba memasak serba ikan tingkat Provinsi Kepri ini juga, bertujuan untuk merangsang kreativitas ibu – ibu dalam menciptakan makanan serba ikan, sesuai dengan menu dari masing – masing kabupaten/ kota di Kepri dengan bahan sumberdaya lokal.

“Kegiatan ini juga, sekaligus sebagai pendorong minat dan pengetahuan masyarakat dalam mengolah dan memanfaatkan ikan sebagai menu makanan,” ucap Ariza. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

1.565 Siswa TK Ikuti Karnaval Tutup Tahun Ajaran

Read Next

PKK Bintan Raih Juara I Lomba Masak Serba Ikan