Wawako : Cegah Paham Radikal Melalui Forum Komunikasi

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, membuka kegiatan forum komunikasi dan koordinasi penanganan paham radikal dan pengawasan aliran kepercayaan masyarakat yang digelar oleh Badan Kebangsaan Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol Penmas) Kota Tanjungpinang, selama dua hari di Ballroom Hotel Bintan Plaza, Kamis (8/5).

Perlu digaris bawahi, bahwa radikal itu timbul karena pemahaman yang sempit. Oleh karena itu, dengan adanya forum komunikasi seprti ini, maka kita dapat memberikan pemahaman yang dapat membuka cakrawala mereka, Jadi saya yakin, jika semua pihak dapat berfikir terbuka, pasti semua permasalahan kekerasan pada suatu oraganisasi kemasyarakatan dapat kita cegah, papar Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul.

Syahrul mengatakan, kegiatan itu hendaknya dapat menjadi saran peningkatan komunikasi dan koordinasi antara pemerintah daerah dan masyarakat dalam pemahaman radikal dan aliran kepercayaan masyarakat. Hal itu guna menjaga ketentraman, ketertiban di tengah – tengah masyarakat.

Kepada semua peserta yang mengikuti kegiatan ini, agar memanfaatkan forum ini dan membahas langkah pensinergian dalam menanggulangi berbagai permasalahan di masyarakat, khususnya dalam hal pencegahan dan penanganan berbagai tindakan kekerasan dan terror, sehingga terwujudnya kehidupan masyarakat yang tentram, tertib, aman dan teratur, sehingga dapat mendukung penyelenggaraan pemerintah daerah, katanya.

Sementara, sebelumnya, Kasubid Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Penmas Kota Tanjungpinang, M. Gustaf mengungkapkan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut untuk mendiskusikan masalah – masalah yang berkaitan dengan pencegahan paham radikal.

Hal itu, guna menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat, serta mensinergikan tugas dan fungsi masing – masing lembaga pemasyarakatan dan pemerintah daerah, ucapnya.

Selain itu, para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, sekitar 200 orang, yang terdiri dari FKUB Kota Tanjungpinang, FKDM, Lembaga Adat, Agama, Tokoh Masyarakat, Guru Agama Tingkat SMU, Mahasiswa, serta Wartawan media masa, dengan narasumber berasal dari Kesbangpol Kemendagri RI, Kemenang RI, Kapolres Tanjungpinang, AKBP Patar Gunawan, serta Kasi Intel Kejari Tanjungpinang.

Pada acara itu juga, turut dihadiri para Asisten, Staf Ahli, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Camat, Lurah, serta tamu undangan lainnya. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Warga Binaan Yasinan di Masjid Rutan Tanjungpinang

Read Next

Melalui Rakor, Ciptakan Atlet-Atlet Berprestasi