Wawako Ajak Lestarikan Seni Budaya Indonesia

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd mengajak melestarikan seni budaya Indonesia. Ajakan itu disampaikannya saat membuka Pentas Seni Budaya Ritual Kesenian Daerah Kota Tanjungpinang tahun 2014, di pelataran Anjung Cahaya, Sabtu (10/5) malam.

Pembukaan acara itu juga, ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul.

Pada kesempatan tersebut, Syahrul juga menyampaikan, Indonesia memiliki beranekaragam suku bangsa, etnis, budaya serta agama, begitu juga di Kota Tanjungpinang. Meskipun berbeda namun tetap satu jua.

Mari kita jadikan kegiatan ini sebagai ajang untuk membina serta mengembangkan seni budaya daerah kita, budaya Kota Tanjungpinang, sehingga dapat kita lestarikan dan menimbulkan rasa kecintaan terhadap seni budaya kita sendiri, ucap Wawako saat memberi sambutan pada acara tersebut.

Menurut Syahrul, kesenian daerah merupakan sarana yang efektif untuk mengikat tali persaudaraan di antara masyarakat, sehingga menimbulkan rasa kebersamaan. Selain itu, dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengapresiasikan seni, dan tradisi budaya masing – masing daerah.

Untuk itu, kepada para pelaku seni yang ada di Kota Tanjungpinang, agar dapat bersinergi dengan pemerintah supaya seni budaya yang ada di Kota Gurindam ini dapat kita lestarikan, paparnya.

Selain itu, Syahrul berharapan besar atas pelaksanaan kegiatan tersebut, sehingga dapat menjadi tontonan bagi wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara,

Sehingga, apa yang kita cita – citakan bersama untuk Kota Tanjungpinang sebagai Kota Pendidikan, dan berkarakter serta berbudaya dapat kita wujudkan bersama – sama. Semoga kegiatan ini dapat semakin baik, dan terus meningkat dari tahun ke tahun, ujarnya.

Sementara, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, Hj. Metia Yulianti mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan pada tahun 2014, sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Karena, selain menampilkan seni kesenian daerah unggulan, kegiatan tersebut, juga menampilkan ritual atau upacara adat daerah.

Hal ini dilakukan untuk memunculkan kembali, atau merevitalisasi adat budaya tradisi yang telah lama kita lupakan, agar kita dapat memberikan pemahamam serta menumbuhkembangkan seni budaya tradisional di tengah – tengah masyarakat, katanya.

Selain itu, kegiatan seni budaya Kota Tanjungpinang akan berlangsung dari Mei hingga Agustus 2014, yang dilaksanakan pada tanggal 10 Mei di Anjung Cahaya dengan penampilan Paguyuban NTB Lombok, pada 24 Mei 2014 dipusatkan di Ocean Corner dengan menampilkan Komunitas Budaya Melayu, selanjutnya 23 Juni bertempat di Anjung Cahaya, menampilkan Paguyuban dari Bali, dan pada 23 Agustus 2014, akan menampilkan Paguyuban Batak bertempat di Pelataran Anjung Cahaya.

Pada pelaksanaan Seni Budaya Kota Tanjungpinang itu juga, turut dihadiri oleh Ketua GOW Kota Tanjungpinang, Juariah Syahrul, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), SKPD, Camat, Lurah di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang, Ketua Dewan Kesenian serta pelaku seni. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Pengunjung Keluhkan Tarif Parkir Mobil di Pinang City Walk

Read Next

Ketua Peradi Sungkan Tanggapi Keanggotaan Pengacara Pemko