Gubernur Kepri Serahkan Beasiswa di Hari Pendidikan Nasional

Kadisdik Provinsi Kepri, Yatim Mustafa
Kadisdik Provinsi Kepri, Yatim Mustafa

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Drs. H. Muhammad Sani, menyerahkan bantuan beasiswa bagi siswa yang berprestasi. Bantuan tersebut diserahkan pada upacara peringatan hari pendidikan nasional (Hardiknas) tahun 2014 di halaman kantor Gubernur Kepri di Dompak, Jumat (2/5).

Bantuan itu juga, diberikan kepada mahasiswa S1, S2, dan S3 bahkan hingga mahasiswa bidang kedokteran. Selain itu, bantuan juga diberikan kepada para siswa dan siswi serta guru – guru di Kepri yang telah berhasil mengukir prestasi ditingkat nasional.

Dalam sambutannya, Gubernur menegaskan, Pemerintah Provinsi Kepri sangat komitment dalam memajukan bidang pendidikan. Hal itu juga, diawali dengan pagu anggaran dibidang pendidikan yang sudah tentu lebih besar dibanding instansi lain, yakni minimal 20 persen dari APBD.

Selaij itu, setiap tahun Pemerintah Provinsi Kepri juga selalu menggulirkan beasiswa untuk putra dan putri Kepri, baik yang berprestasi ataupun tidak mampu. Hal itu bertujuan untuk membantu sekaligus memotivasi agar para peserta didik tidak terlalu memikirkan biaya, dan bisa lebih fokus belajar hingga mengukir prestasi.

“Saya selalu katakana, bahwa semakin hari atmosfer kompetitifnes semakin berat, baik dalam hal ekonomi, industri, teknologi dan sebagainya. Oleh sebab itu, kita harus selalu meningkatkan kompetensi diri, menambah wawasan, pengetahuan, bidang keilmuan, skil dan sebagainya. Dan satu – satunya jawaban untuk menjawab kompetisi itu adalah melalui dunia pendidikan. Oleh sebab itulah, kita sangat komit dalam dunia pendidikan,” kata Sani.

Bahkan, Gubernur juga bangga kepada putra dan putri Kepri yang telah banyak mengukir prestasi ditingkat nasional. Ia yakin jika prestasi demi prestasi yang berhasil diukir itu merupakan hasil dari perjuangan dan kerjasama yang sudah dibangun selam ini.

Oleh karena itu, Sani meminta agar prestasi tersebut dipertahankan dan ditingkatkan terus, sehingga bisa memotivasi masyarakat lainnya dalam menghadapi tantangan zaman.

“Hal ini tentu saja atas semua prestasi yang didapat di dunia pendidikan selama ini, sehingga kita berada di posisi 6 secara nasional di bidang pendidikan. Hal itu juga adalah bentuk komitmen kita dalam menggawangi masalah pendidikan,” ujar Sani.

Dalam upacara tersebut, Gubernur juga mengucapkan terima kasih sedalam – dalamnya kepada semua pihak yang telah turut membantu mensukseskan pembangunan di Kepri, terutama dalam bidang pendidikan. Baik itu para siswa, mahasiswa, guru – guru, tokoh masyarakat, tokoh agama, para orang tua dan sebagainya.

“Semua prestasi yang sudah kita dapat selama ini karena kebersamaan yang kita bangun. Bukan karena saya atau satu orang saja. Kalau kita bersama pasti apapun bisa kita lakukan,” kata Sani.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Drs. H. Yatim Mustafa M.Pd menyampaikan, memperingati Hardiknas merupakan agenda yang tetap dan dilaksanakan setiap tahunnya.

“Memperingati Hardiknas tak akan pernah berhenti sampai kapan pun, karena mengingat para tokoh yang terdahulu telah bersusah payah memperjuangkan pendidikan serta mendidik dan mengajar,” kata Yatim.

Ia mengatakan, Pemerintah Provinsi Kepri bukan sekedar meperingati hari pendidikan saja, akan tetapi juga telah menyediakan alokasi – alokasi biaya anggaran untuk pendidikan di Provinsi Kepri yaitu sebesar Rp43 miliar.

“Dengan biaya yang telah di alokasikan pemerintah untuk pendidikan, kita bertekat untuk meningkatkan orentasi mutu pendidikan agar benar – benar tumbuh dan berkembang,” ujarnya.

Selain itu, katanya, pendidikan bukan hanya pendidikan semata – mata belaka, akan tetapi lebih mengkedepankan asfek intlektual, cerdas dan berbudaya, berwawasan yang tinggi dan berkarakter. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Ansar Pimpin Upacara Hardiknas di Bintan Timur

Read Next

KBB Kepri Gelar Seminar Kajian Pemekaran Daerah