Sampah di Tanjungpinang 1 Ton Per Hari

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Produksi sampah rumah tangga, dan perkantoran di Kota Tanjungpinang, mencapai 300 kubik atau 1 ton lebih per hari yang diangkut ke tempat pembuangan sampah akhir (TPA) di KM 12 Tanjungpinang.

“Dalam sehari kami membawa sampah dengan menggunakan Dumtruk Dinas Tata Kota, maupun masyarakat umum yang memakai motor kaisar, ada sekitar 1 ton lebih atau 300 kubik,” kata petugas Dinas Tata Kota, Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Kota Tanjungpinang, Satria, Selasa (21/1).

Dia mengatakan, dari sampah yang dibuang tempat pembuang sampah terakhir tersebut, sebelumnya dipilah terlebih dahulu. “Yang organik bisa kita jadikan kompos,” ujarnya.

Sementara dalam satu bulannya, kata Satria, bisa menghasilkan sampah sekitar 35 ton lebih.

Selain itu, Kepala Dinas Tata Kota Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman, Almazuar Amal menyampaikan, untuk mengatasi kurangnya kesadaraan masyarakat yang membuang sampah sembarangan, kedepan ada wacana akan membuat tempat sampah yang berada di jalan protol.

“Rencana, kita kedepannya akan fokus membangun tempat sampah yang berada disepanjang jalan protokol, yang nantinya akan dilengkapi lampu dan taman,” katanya.

Kemudian, sambung dia, juga akan memberikan contoh pengalaman baru kepada masyarakat, supaya sadar untuk tertib membuang sampah. Hal itu guna memberikan arti kebersihan kepada masyarakat Tanjungpinang. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Pasar Malam, Masyarakat Toapaya Terhibur

Read Next

32.954 Siswa di Tanjungpinang Dapat Bantuan Dana BOS