Asisten Pemerintahan Buka Pameran Dan Festival Buku

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang melalui Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang, menggelar Pameran dan Festival Buku di halaman Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Tanjungpinang, Kamis (5/11). Pameran tersebut dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan, Suyatno, Amp, yang ditandai dengan pemotongan pita.

Pada kesempatan itu, Suyatno mengharapkan, pameran dan festifal buku yang digelar tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama bagi anak – anak, pelajar dan orang tua yang ingin menambah wawasan dan cakrawala melalui membaca.

Sehingga menciptakan masyarakat Kota Tanjungpinang yang cerdas, ucap Suyatno.

Suyatno menjelaskan, buku merupakan jendela dan dengan membaca, dapat menjelajah dunia. Namun sangat disayangkan, pada saat ini kesadaran minat baca dikalangan anak – anak didik dan masyarakat masih memiliki tingkat kesadaran yang rendah.

Akan hal itu, kata Suyatno, Pemerintah Kota Tanjungpinang telah melakukan berbagai cara untuk meningkatkan minat baca dikalangan pelajar dan masyarakat dengan mengadakan berbagai kegiatan seperti pencanangan gerakan membaca, lomba menulis karya ilmiah, termasuk pameran dan festival buku ini.

Saya menghimbau kepala sekolah, guru – guru dan masyarakat untuk dapat berperan dan mengajak anak – anak didiknya agar dapat mengunjungi perpustakaan dengan membaca buku yang telah disediakan sebagai sumber wawasan, sehingga apa yang dilakukan pemerintah, dimana bersumber dari rakyat dapat bermanfaat juga untuk rakyat, katanya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Marzul Hendri menyatakan, pelaksanaan kegiatan itu adalah untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan kunjungan ke perpustakaan, memperkenalkan koleksi buku yang tersedia di perpustakaan.

Sehingga perpustakaan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif wisata keluarga yang edukatif. Kegiatan ini juga, akan dilaksanakan selama 3 hari (05 – 07/ 12) dan diikuti oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Toko Buku, Perpustakaan Sekolah dan Perguruan Tinggi, Taman Bacaan Masyarakat serta Perpustakaan Kelurahan, ucapnya.

Selain itu, usai menyampaikan sambutannya, Suyatno serta didampingi SKPD berkeliling ke stand – stand pameran buku tersebut. Acara itu juga, turut dihadiri Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Kepulauan Riau, SKPD, Camat, Lurah, Kepala Sekolah TK/ SD/ SMP/ SMA serta peserta pameran. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Lis Serahkan Bantuan Bank Sampah Secara Simbolis

Read Next

Masyarakat Butuh Pembinaan BLH Tanjungpinang