Selamatkan Pemuda, Sukseskan Musda KNPI Kota Tanjungpinang

DIAN FADILLAH, S.Sos

Chaiman of TBM Difadil Tanjungpinang

Pemuda merupakan harapan bangsa yang juga generasi penerus estafetnya pembangunan Negara di daerah masing – masing. Seorang pemuda yang hebat terlahir dari orangtua yang bermutu dengan bibit, bebet dan bobotnya. Disisi lain, pemuda juga merupakan anak kecil beranjak dewasa yang baru memahami hidup dan patut dibimbing dan dipersiapkan sejak sekarang.

Adapun tujuan yang diinginkan bersama adalah tidak lain dan tidak bukan untuk pembangunan Negara tercinta Republik Indonesia dan skop Kota Tanjungpinang. Langkah demi langkah sudah dijalankan untuk perkembangan demi perkembangan secara signifikan. Kalau dilihat dari sejarah perkembangan NKRI, maka kita masih bisa membayangkan perjuangan pemuda – pemudi.

Apakah the young generation sudah memberikan apresiasi secara penuh dan secara nyata melakukan pembuktian sebagai hal penting dalam membangun daerah. Visi dan misi mulia berbuat untuk Tanjungpinang golden city berinovasi dengan bidang masing – masing melalui pena, suara, dan ada dengan tindakan nyata sebagai bentuk membangun negeri.

Pemuda Tanjungpinang yang tergabung ataupun yang tidak tergabung dalam wadah KNPI selalu menginginkan perubahan di masyarakat yang terkadang dapat memacu pola pikir kritis dan adrenalin. Kita semua ingin adanya kemajuan infrastruktur daerah tapi kita juga ingin adanya kemajuan intelektual di tengah masyarakat dengan kemajemukannya.

Tentu saja hal – hal yang dilakukan mengharapkan adanya karya yang nyata dari pemuda. Kalau dilihat secara keseluruhan semua elemen masyarakat yaitu anak – anak, pemuda dan orang dewasa ikut berkarya melalui bidangnya masing – masing dengan prestasi – prestasi yang sudah diraih melalui ajang lokal, nasional ataupun internasional yang dapat dimaknai dengan suatu yang baik bukan hanya lips service belaka, apalagi kalau dapat dilakukan dengan benar dan mendapatkan prestasi.

Ada yang melakukan karya nyata tersebut dimulai dari hobby, ada yang karena desakan hidup yang akhirnya harus berkreasi untuk mencari kesempatan. Mereka tidak mengharapkan pujian apalagi melakukan pencitraan belaka didepan masyarakat.

Akan hal itu, Komite Nasional Pemuda Indonesia atau KNPI terbentuk di wilayah Provinsi Kepri dilandasi semangat perubahan dengan terbentuknya menjadi suatu tuntutan terlahirnya KNPI di Kota dan Kabupaten yang semata – mata memenuhi kewajiban sebagai generasi muda selaku penerus bangsa yang telah mempelopori berbagai perubahan politik bangsa. Perubahan itu dimulai zaman sebelum kemerdekaan orde lama, orde baru dan era reformasi saat ini.

Sejarah mengakui, peran pemuda seiring sejalan dengan perjalanan bangsa dimulai dengan pergerakan Kebangkitan Nasional 1908 sampai pergerakan reformasi pada tahun 1998. Hal itu ditandai dengan tumbangnya orde baru yang dipelopori pemuda untuk mengembalikan arah dan tujuan bangsa pada cita – cita keutuhan dan kesatuan NKRI sebagaimana yang termaktub dalam pembukaan UUD 1945.

Perubahan kehidupan bangsa dan bernegara diharapkan mampu menciptakan tumbuhnya masyarakat dengan pemikiran baru berbasis perubahan paradigma menuju pada bekerjanya fungsi – fungsi institusi masyarakat secara independen dengan percepatan pembangunan daerah melalui konsep kemandirian lokal termasuk Kelembagaan Pemuda. Sekarang coba kita lihat kesesuaian peranan KNPI dalam aktualisasi perkembangannya di masyarakat dan apakah sudah terlaksana secara maksimal ?·

KNPI sebagai wadah berhimpunnya Organisasi Kepemudaan (OKP) dengan mampu melaksanakan koordinasi internal dalam kerangka keterkaitan secara fungsional dapat saling bekerjasama bersinergi dalam mengisi pembangunan wilayah serta sebagai laboratorium kader dalam kapasitasnya mempersiapkan kader – kader handal, memiliki daya saing, memilki kualitas moral interlektual sehingga dapat menjamin kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat·

Selain itu, KNPI menjadi pendorong pergerakan kegiatan kepemudaan serta menjadi wadah penampungan aspirasi dan potensi kepemudaan melalui kegiatan dan aktifias berkualitas, berbobot dan profesional serta mampu mempersiapkan calon – calon pemimpin dimasa depan sebagai penerus cita – cita pembangunan bangsa dengan memegang teguh visi kebangsaan dan eksistensi pemuda Indonesia yang secara geografis berbatas dengan Malaysia – Singapore dengan mampu menunjukkan keteladanan sebagai pencerminan pemuda Indonesia serta mampu menjalin kerjasama atau kemiteraan dengan lembaga kepemudaan yang ada dengan membuka peluang kerjasama.

Apabila dilihat secara mendalam, jelas peranan KNPI itu sangat – sangat luar biasa, apalagi di daerah perbatasan (Border Town). Kalau dilihat dalam decade kepengurusan DPD-KNPI Kota Tanjungpinang saat ini, seharusnya lebih menggigit (greget), berinovasi, bervariasi dan berkembang dibandingkan kepengurusan sebelumnya.

Tonggak sejarah sudah diawali oleh pendahulu – pendahulu pemuda sebelum kita, sebutkah senior kita Mr. Anshar Ahmad, Mr. Juramadi Esram, Mr. Ashady Selayar. KNPI dahulu penuh dengan keprihatinan. Kantor seketariat sewa, pindah – pindah, dan terkadang seketariat berjalan. Akan tetapi, sosialisasi serta konsolidasi tetap berjalan dalam tubuh KNPI.

Perkembangan KNPI saat ini sudah lebih baik, KNPI bukan hanya sebuah wadah pemuda dengan gedung yang bagus, mobil operasional yang tajir, tetapi harus diikuti dengan riak dalam kegiatan keseharian kepemudaan. Kita jangan hanya sebagai Follower (pengikut/ pelengkap) acara atau kegiatan orang lain, akan tetapi seharusnya dapat menjadi Trendsetter (pengagas/ pelaksana) atas sebuah kegiatan yang lalu atau kegiatan – kegiatan baru yang lebih menyentuh kebutuhan masyarakat di segala lapisan seperti old and new year, nikah massal, sunatan massal, gotong – royong, bhakti sosial membersihkan got dan parit, sosialisasi kepemudaan, revitalisasi kepemudaan di sekolah dan kampus.

Bagaimana bisa menciptakan figure – figure yang potensi dengan jumlah yang banyak kalaulah hanya beberapa gelintir pemuda yang dilibatkan dalam setiap kegiatan. Tentulah visi dan misi KNPI yang sebenarnya tidak akan tercapai. Sekarang saatnya pemuda – pemuda Tanjungpinang yang tergabung Kesbangpol Linpenmas memperlihat dan memberikan apresiasi yang baik kepada daerah dengan melakukan atau memperebutkan pemilihan ketua dengan melakukan penelaahan lebih lanjut melalui figure – figure terbaik daerah yang bisa dari pengurus KNPI saat ini, perwakilan OKP atau survey dari senior – senior KNPI, sesepuh Pemuda atau Dewan Pemuda yang peduli untuk menentukan pilihan dan format terbaik.

Hidup Pemuda. Hidup Kota Gurindam. Salam Pemuda. “Never give up, fix mistakes, and keep stepping.” Jangan pernah menyerah, perbaiki kesalahan, dan teruslah melangkah. (*)

Alpian Tanjung

Read Previous

Ikan Hias Bantu Biaya Anak Sekolah

Read Next

Pengusaha Kedai Kopi Minta Pemko Tinjau ke Lokasi