Batu IX Raih Juara I Lomba Bebas Jumantik

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Kelurahan Batu IX berhasil meraih Juara I lomba bebas jumantik antar keluarahan se-Kota Tanjungpiang, pada Kamis (21/11) di Hangtuah Permai dengan abate gratis Program Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk (Gertak PSN).

Lurah Batu IX, Ripayandi mengarakan, lomba yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang itu juga, menilai Kelurahan Batu IX angka bebas jumantik (ABJ) tertinggi, kurang lebih sekitar 95 persen, sehingga Kelurahan Batu IX berhak mendapatkan juara I tersebut.

“Untuk obat abate itu gratis dibagikan oleh petugas jumantik, agar masyarakat memahaminya dan jangan melayani jika ada oknum yang menjual abate. Sedangkan, juara I yang berhasil diraih Kelurahan Batu IX pada tahun ini, berkat pelaksanaan program di kelurahan ini berjalan dengan lancar, ucap Ripayandi, Jum”‘at (22/11).

Kepada IsuKepri.com, Ripayandi menyampaikan, program yang dilakukan di Kelurahan BT IX untuk menanggulangi penyebaran jumantik dan program Gertak PSN itu juga dilaksanakan seminggu sekali, yaitu pada setiap Kamis di tahun 2013.

“Langkah pertama kami adalah dengan jumantik, kelurahan akan turun setiap hari Kamis untuk mensosialisaikan lagi Gertak PSN yang telah dicanangkan untuk tahun 2014, kemungkinan 2 kali dalam seminggu, karena perkembangan jentik 10 hari, sebelum itu di hari ke 7 sudah kami berantas,” ujarnya.

Selain itu, Kelurahan BT IX akan terus melakukan sosialisasi memberantas sarang nyamuk yang mengakibatkan penyakit DBD bagi masyarakat di Kelurahan BT IX, serta dengan mengumumkan 3 M Plus, yakni Menguras Bak Mandi, Menutup rapat – rapat tempat penampung air, Mengubur kaleng – kaleng bekas dan wadah yang bisa menampung air, serta Plus menabur bubuk abate ke dalam bak mandi, dan sebagainya.

“Saya dan tim jumantik dari Puskesmas Mekar Baru akan turun ke RT yang rumah warganya tinggi angka jentiknya, serta berdasarkan data dari Januari hingga Desember 2013, kita mengambil sampelnya dari setiap rumah secara acak dari RT tersebut, untuk terus memberantas DBD,” ucapnya.

Akan hal itu, Ripayandi Putra mengharapkan, kepada seluruh masyarakat di Kelurahan BT IX, agar terus mendukung penuh program yang dilakukan Kelurahan BT IX guna memberantas penyakit DBD dan menuju Kelurahan BT IX yang bebas dari penyakit DBD dengan Gertak PSN 3M Plus.

“Program ini tidak akan berhasil dengan mengandalkan petugas kesehatan dan aparatur pemerintahan saja, tapi juga harus didukung penuh oleh semua unsur masyarakat, agar Kelurahan Batu IX tetap menjadi kelurahan yang bebas DBD hingga target tahun depan dan untuk seterusnya,” kata Ripayandi. (CR11)

Alpian Tanjung

Read Previous

Lis Buka Pelatihan Keahlian Sikap dan Mental

Read Next

FPI Minta Satpol PP Tegas Terhadap Prostitusi di Karaoke