SOP dan SPM Penting Dalam Pemerintah

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah membuka pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan Standar Operating Prosedure (SOP) dan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di Hotel Bintan Plaza Tanjungpinang, Selasa (8/10). Penyelenggaraan itu juga, dilaksanakan oleh Bagian Organisasi Dan Tatalaksana Sekretariat Kota Tanjungpinang.

Dalam pelaksanaan tersebut, hadir Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Camat, Lurah, para peserta serta Fasilitator Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi, yang dalam hal ini menjadi Narasumber pada Bimtek SOP dan SPM.

Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, SOP dan SPM tersebut mempunyai peranan penting dalam pelaksanaan suatu Organisasi atau Pemerintahan.

Dengan adanya SPM ini, maka dapat menjamin hak masyarakat untuk menerima suatu pelayanan dasar dari pemerintah. Sedangkan, SOP dapat memberikan kemudahan dan kejelasan dimana prosedur – prosedur yang di standarkan dapat di mengerti dan diterapkan oleh semua aparatur pemerintah, ujar Lis.

Lis berharap, pelaksanaan bimbingan teknis ini, dapat diikuti oleh peserta dengan baik, dan nantinya dapat diterapkan di masyarakat. Sehingga dapat menciptakan efisiensi dan optimalisasi dalam pelayanan masyarakat, ucap Lis.

Sementara, dalam laporan Kepala Bagian Organisasi dan Tatalaksana Sekretariat Kota Tanjungpinang, kegiatan bimtek ini diikuti oleh masing – masing utusan dari Badan, Dinas, Kantor, Bagian, Camat dan Kelurahan dilingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Pelatihan dilaksanakan selama dua hari, dengan narasumber dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, katanya.

Ia mengatakan, pelaksanaan bimtek tersebut untuk meningkatkan ilmu pengetahuan bagi aparatur dilingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Tentang pemahaman dan pembuatan SOP dan SPM dalam rangka meningkatkan kinerja dimasing – masing SKPD, ucapnya. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Kenedy Imbau Masyarakat Hindari Calo Dalam Pengurusan Paspor

Read Next

Kantor Lurah Batu IX Nyaris Terbakar