Harga Cabe Merah Turun Rp8.000 Per Kilogram

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Selang empat hari setelah hari Raya Idul Adha 1434 H, harga cabe merah yang dijual di pasar Tanjungpinang, mengalami penurunan sekitar Rp8.000 per kilogramnya.

“Sebelumnya, harga cabe merah yang kami jual mencapai sekitar Rp60 ribu per kilogram dan sekarang harganya bekisar Rp52 ribu per kilogram, jadi turun sekitar Rp8,000 per kilogram,” kata pedagang sayur mayur Tanjungpinang, Juntak, Ahad (20/10).

Dia mengatakan, turun dan naiknya harga cabe merah terjadi bukan karena tingkat pembeli yang berkurang. Akan tetapi, turunnya harga cabe merah, di pengaruhi harga jual dari agen di Jawa.

“Pengaruh naik turunnya harga cabe tergantung dari agen tempat kami mengambilnya. Kalau harganya naik, maka cabe akan naik begitu juga kalau harganya turun,” kata dia.

Namun untuk pasokan cabe yang didistribusikan ke Pasar Tanjungpinang, kata Juntak, untuk saat ini masih normal.

Sementara, untuk mengetahui harga jual sayuran yang lainnya, kata dia, ada yang mengalami kenaikan, turun dan ada yang masih normal. Seperti cabe rawit Rp28 ribu per kilogram, tomat Rp10 ribu per kilogram. Sedangkan bawang merah dari Jawa Rp28 ribu per kilogram sekarang turun harganya sekitar Rp25 ribu per kilogram.

Selain itu, kata Juntak bawang merah birma Rp16 ribu perkilogram, dulu Rp8.000 per kilogram dan naiknya semenjak dolar kemarin. Bawang putih Rp16 ribu per kilogram, wortel berasal dari Cina turun Rp14 ribu per kilogram. Sedangkan, sebelum lebaran wortel tersebut Rp16 ribu per kilogram. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Bongkar Tembok Pembatas di Kampung Tua Ricuh

Read Next

Pemko Gelar Malam Hiburan Dalam Rangka HUT Otonom