Imigrasi Serahkan Lima Imigran Gelap ke Rudenim

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang, menyerahkan lima imigran gelap yang diamankan di Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF), pada Minggu (22/9) lalu ke Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Pusat Tanjungpinang, Selasa (24/9).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I, Kenedi, S.IP mengatakan, kelima Warga Negara Asing (WNA) asal Afghanistan diserahkan ke Rudemin Pusat Tanjungpinang.

“Rencananya, akan kami serahkan hari ini ke kantor sebelah (red, Rudemin),” ucap Kenedi.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian, Agus Setyadi mengatakan, identitas kelima imigran tersebut sudah didapati pihaknya, dan tujuannya ke Australia.

“Lima identitasnya sudah ada, kabarnya mereka (red, imigran) tujuannya ke Australia sama dengan yang 4 imigran gelap kemarin ke tangkap,” ujar Agus.

Inisial kelima imigran gelap asal Afghanistan itu, yakni MR, HN, MA, AR, AA, dan kelimanya hanya memiliki surat UNHCR Asylum Seeker Certificate mencari suaka perlindungan.

Selain itu, perjalanan yang dilalui oleh imigran asal Afghanistan tersebut, dimulai dari Afganistan – India – Malaysia memiliki pasport dan menggunakan pesawat. Setelah itu, dilanjutkan dari Malayasia ke Medan menggunakan kapal laut kecil dan tidak memiliki pasport. Sedangkan, dari Medan – Jakarta menggunakan pesawat, Jakarta – Bogor menggunakan mobil, kembali lagi ke Jakarta menuju ke Tanjungpinang menggunakan pesawat Lion Air.

“Menurut pengakuan klelima imigran gelap tersebut, bahwa tujuan ke Tanjungpinang, untuk mencari kantor PBB, karena mendapat kabar lebih cepat dikirim ke Negara Australia,” ujar Agus lagi.

Akan hal itu, Kantor Imigrasi Kota Tanjungpinang, akan menyerahkan kelima WNA asal Afghanistan itu ke Rudemin untuk diamankan. (CR11)

Alpian Tanjung

Read Previous

Dani Ismet Kunjungi Seketariat PMII Batam

Read Next

HUT PMI, Siswa MAN Bagikan Masker Kepada Pengendara