Wantimpres : Batam Harus Lebih Maju

Batam, IsuKepri.com – Ketua Dewan Pertimbangan Presiden, Sri Adiningsih melakukan kunjungan ke Kota Batam. Sri menilai Batam harus berubah karena akan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan Asean Comprehensive Investment Agreement (ACIA).

“Batam harus dikembangkan menjadi kawasan khusus untuk ekonomi, baik perdagangan pelabuhan maupun plus2 plus lainnya yang terdepan di Asia,” ujarnya ketika berkunjung ke Kantor Walikota Batam, Kamis (25/2).

Menurutnya bisa saja ke depan pemerintah pusat akan membuat kebijakan yang bersifat memperkuat Batam. Misalkan saat berstatus Kawasan Pelabuhan Bebas Perdagangan Bebas seperti sekarang, yang dibebaskan hanya cukai, tarif PPN dan PPN-BM, ke depannya bisa ditambah insentif-insentif lain.

“Kalau mau lebih maju dan lebih banyak menarik investor, harus lebih baik dan berkelas internasional dan salah satu yang terdepan di Asean. Kalau bisnis as usual, Batam akan kalah kompetitif,” sebutnya.

Sri mengatakan saat ini di pusat sedang dievaluasi terkait pengelolaan Batam sebagai kawasan khusus di bidang perekonomian. Diskusi ini dirasa penting mengingat Batam sebagai pionir dan etalase Indonesia.

“Lembaga yang mengelola mau diberi nama apa atau memperkuat dari lembaga mana, yang penting harus efisien,” kata Sri.(mc)

Redaksi

Read Previous

Kepri Usulkan Revisi Undang – Undang Anak

Read Next

Bupati Karimun Harap Seluruh SKPD Sukseskan Gerakan Sabtu Bersih