DKP Lirik Napoleon dan Kuda Laut Sebagai Unggulan

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melirik Napoleon dan Kuda Laut sebagai species yang diunggulkan.

Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Eddiwan mengatakan, pihaknya akan mencari tempat atau kawasan untuk melakukan pembudidayaan terhadap kedua jenis spesies tersebut, agar berkembang dengan cepat.

“Kita pikirkan caranya dan proses pembudidayaan spesies tersebut,” ucap Eddiwan, Rabu (18/3).

Selain itu, kata dia, lain lagi halnya dengan jenis ikan Kakap Merah, Tuna, dan Kerapu. Species ikan ini termasuk dalam komoditi pasar ekspor.

“Ikan komoditi pasar ini, pihak asing pun akan beli dalam jumlah besar jika kita memiliki jumlah ikan yang banyak dan cukup untuk diekspor keluar negeri,” paparnya.

Eddiwan menilai, Ikan Napoleon dan Kuda Laut adalah species jenis specifikasi. Artinya memiliki nilai lebih. Disamping itu, katanya, pihaknya akan mencari informasi jenis ikan apa lagi yang memiliki nilai jual tinggi yang banyak dicari pihak asing.

Berdasarkan catatan kita, sangat sedikit sekali species jenis ikan apa yang diunggulkan diluar negeri yang memiliki nilai jual tinggi. Hal ini disebabkan sangat sedikitnya pihak tertentu yang melaporkan kepada pihak kita,” tutupnya. (ISKANDAR)

Alpian Tanjung

Read Previous

11 Mahasiswa Umrah Praktik Jurnalistik di Media Online Isukepri.com

Read Next

Jaksa Belum Limpahkan Berkas Said Agil ke Pengadilan