Shopping Mall Berkualitas Dibangun di Kota Tanjungpinang

Tanjungpinnag, IsuKepri.com – Shopping Mall berkualitas akan dibangun di Komplek D’Green Citypala KM 8 atas
Dompak Kota Tanjungpinang. Pembangunan mall ini juga dibawah manajemen The Blacksteel Group.

Pembangunan shopping mall ini, merupakan pembangunan perdana di wilayah Kepulauan Riau, dan ini juga adalah langkah pertama dalam perjalanan yang masih panjang untuk mewujudkan mall yang berkelas di Kota Tanjungpinang, papar Project CEO The Blacksteel Group, Jemmy Kurniawan, Jumat (12/12).

Pembangunan shopping mall ini, menurut Jemmy tak lepas dari kerjasamanya dengan pengusaha lokal, yakni Arun dari Graphika Group serta dukungan penuh dari Pemerintah Kota Tanjungpinang maupun Pemerintah Provinsi Kepri.

Sementara, Arun sendiri berani mengambil langkah besar dengan mengambil lokasi mall di Komplek D’Green Citypala KM 8 atas Dompak yang notabene identik dengan masalah lahan yang bersengketa. Upayanya ini, sekaligus untuk menghilangkan kesan jelek wilayah Dompak sebagai pusat pemerintahan Provinsi Kepri.

Sebagai orang tempatan, kita punya kewajiban untuk memajukan daerah tempat tinggal kita, kata Arun.

Selain itu, banyak ucapan terimakasih yang disampaikan oleh pengusaha muda ini kepada Pemerintah Kota Tanjungpinang atas dukungan penuh yang diberikan.

Dikatakan Arun, ia sudah lama ingin mewujudkan cita – citanya membangun mall besar tersebut. Dengan peran aktif Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH dalam menggandeng investor serta pengurusan perijinan yang tidak sulit di BPPTPM Kota Tanjungpinang membuat cita – citanya bisa terwujud.

Sementara, Lis sendiri sangat menyambut baik pembangunan shopping mall tersebut.

Pembangunan shopping mall ini pasti akan memberikan efek – efek lainnya dalam aspek kehidupan masyarakat Kota Tanjungpinang. Peletakan batu pertama ini, merupakan bagian dari sejarah perkembangan perekonomian kita, ucap Lis disela – sela acara ground breaking Tanjungpinang City Center.

Menurut Lis, salah satu efek yang paling berpengaruh adalah pengurangan angka pengangguran di Kota Tanjungpinang, karena dengan adanya pembangunan shopping mall ini, nantinya pasti akan membutuhkan banyak tenaga kerja.

Syarat utama pembangunan shopping mall ini, adalah 80 persennya haruslah berasal dari tenaga kerja local, tutur Lis.

Untuk memperkuat syarat ini, di waktu yang sama juga dilakukan penandatangan MoU antara Pemerintah Kota Tanjungpinang dengan PT. Tanjungpinang Sakti yang diwakili oleh Jemmy Kurniawan tentang perekrutan tenaga kerja lokal. Pada kesempatan itu, Jemmy menyampaikan, langkah bisnis The Blacksteel Group ke Kota Tanjungpinang ini menjadi ekpansi perdana di wilayah Kepulauan Riau setelah sebelumnya menghampiri Pulau Ambon (Ambon City Center) dan Pulau Jawa (Ponorogo City Center).

Jemmy Kurniawan juga menjelaskan, The Blacksteel Group juga telah berencana untuk mengembangkan satu proyek lagi di pulau Jawa, yaitu Semarang Expo Center, pulau Nusa Tenggara (Kupang City Center dan Lombok City Center), pulau Papua (The Plaza Sorong dan Sorong City Center), serta pulau Sumatera yaitu Jambi City Center.

Pembangunan shopping mall ini akan memakan waktu sekitar 16 – 18 bulan mendatang, dan ditargetkan akan selesai diawal tahun 2016. Tanjungpinang City Center ini akan menjadi pusat bisnis di Kota Tanjungpinang, dimana akan terdapat berbagai macam fasilitas komersial yang terintegrasi ke seluruh wilayah Indonesia yang akan memiliki empat lantai untuk shopping mall dan tiga lantai untuk hotel. Fasilitas yang disediakan mulai dari fasilitas hotel berbintang, fasilitas kesehatan, hingga shopping mall dengan menghadirkan group retail ternama di Indonesia seperti Matahari, Hypermart, Cinemaxx, serta tenant besar seperti JCO, Bread Talk, Hammer, Solaria, Optik Melawai, dan sebagainya.

Selain itu, dalam acara ground breaking tersebut, turut hadir Sekdaprov Kepri Robert Iwan Loriaeux, Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd, Sekda Kota Drs. Riono, M.Si, para pejabat eselon di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang, serta pengusaha lokal Tanjungpinang lainnya. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Dewan Akan Prioritaskan Kurikulum 2013 di Sekolah Berstandar Nasional

Read Next

Syahrul Silahrurahmi Bersama Seluruh Insan Pers