Lis Resmikan Puskesmas Tanjungunggat

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah SH meresmikan Puskesmas Tanjungunggat, pada Rabu (12/11). Hal ini juga, merupakan salah satu wujud nyata pemerintah dalam upaya memberikan pelayanan bagi masyarakat, khususnya di bidang kesehatan. Dan juga dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke – 50.

Lis mengatakan, peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat sangat berdampak positif bagi masyarakat, karena berkaitan dengan kepuasan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan prima dari pemerintah. Dengan meningkatnya status pustu Tanjungunggat menjadi Puskesmas, Lis berharap dapat mengakomodir kebutuhan pelayan kesehatan masyarakat khususnya di wilayah Kelurahan Tanjungunggat yang terdiri dari 4.805 Kepala Keluarga.

Kesehatan erat kaitannya dengan pola hidup dan lingkungan. Untuk itu, kita wajib menjaga kebersihan di lingkungan tempat tinggal kita. Jangan buang sampah sembarangan, apalagi wilayah Tanjungunggat ini masih banyak rawa, kata Lis.

Sebelum Puskesmas Tanjungunggat diresmikan menjadi Puskesmas, dulunya merupakan Puskesmas Pembantu (Pustu) di Tanjungunggat.

Puskesmas Tanjungunggat memiliki 13 orang petugas Puskesmas, yang terdiri dari 1 dokter, 1 Sarjana Kesehatan Masyarakat, 4 perawat, 5 bidan, 1 tenaga ahli gizi, dan 1 orang asisten apoteker.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam mengatakan, Puskesmas Tanjungunggat merupakan tempat pelayanan kesahatan kepada masyarakat. Karena di Puskesmas ini juga melaksanakan kegiatan khitanan massal, pelayanan KB secara gratis, serta pelayanan kesehatan lainnya.

Sementara, dalam rangka menyambut HKN ke – 50, Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, kata Rustam juga telah mengadakan serangkaian kegiatan. Diantaranya adalah lomba balita sehat, lomba Puskesmas, lomba bidan, lomba puisi, serta lomba futsal. Selain itu, diserahkan pula bantuan 4 kursi roda dan penyerahan kartu BPJS integrasi Jamkesda kepada 20 KK di Kelurahan Tanjungunggat.

Peresmian operasional Puskesmas Tanjungunggat oleh Walikota Tanjungpinang, juga ditandai dengan pemotongan tumpeng dan pengguntingan pita yang disaksikan oleh Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Riono, M.Si, sejumlah kepala SKPD, camat dan lurah di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tanjungpinang Hj. Yuniarni Pustoko Weni, Ketua GOW Ny. Juariyah Syahrul, Ketua Dharma Wanita Ny. Ersa Famella Riono, serta RT/ RW dan tokoh masyarakat setempat. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

BPS : Pekerja di Kepri Capai 819.656 Orang Pada Agustus

Read Next

Kejari Tanjungpinang Musnahkan Ribuan Botol Mikol