Wawako Ingin Generasi Muda Tanjungpinang Hindari Narkoba

Galery – Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang, melalui Dinas Pemuda dan Olahraga melaksanakan penyuluhan tentang bahaya narkoba bagi generasi muda di Gedung Serba Guna Bulang Linggi, Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang, pada Senin (12/5). Penyuluhan itu juga, diikuti oleh utusan pelajar dari tingkat SMP/ SMA se – Kota Tanjungpinang.

Kegiatan itu juga, dibuka oleh Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, dan dimulai dengan pemasangan tanda peserta.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul menyampaikan, bahwa Kota Tanjungpinang merupakan daerah berbatasan langsung dengan negara tetangga, dan tidak menutup kemungkinan adanya pengaruh negatif dari negara luar yang akan mempengaruhi, terlebih lagi dengan bahaya narkoba.

Wawako mengingatkan, penyalahgunaan narkoba telah menjadi permasalahan nasional, maupun di daerah, bahkan penyalahgunaan narkoba tidak hanya terjadi pada kalangan dewasa saja, tetapi sudah merambah ke kalangan anak – anak.

Hal itu, tentunya cukup meresahkan semua masyarakat. Oleh karena itu, kegiatan penyuluhan bagi generasi muda ini adalah merupakan salah satu bentuk antisipasi pemerintah serta sebagai langkah untuk meminimalisir pengguna narkoba dikalangan generasi muda di Kota Tanjungpinang. Sehingga terciptanya generasi muda yang sehat dari narkoba.

Lebih lanjut Wawako menyampaikan, masalah penyalahgunaan narkoba merupakan permasalahan yang cukup kompleks, permasalahan ini bukan saja menjadi tanggungjawab pemerintah dan aparat hukum saja, akan tetapi permasalahan ini juga menjadi tanggungjawab masyarakat.

Permasalahan narkoba, sangat terkait dengan masa depan generasi muda, berarti menyangkut masa depan bangsa, tentunya jal itu tidak boleh didiamkan. Untuk itu mengatasi permasalahan tersebut, Syahrul mengatakan, hal terpenting yaitu peran aktif seluruh lapisan masyarakat. Selain itu, pendidikan moral dan keagamaan harus lebih ditekankan kepada para pelajar, karena salah satu penyebab terjerumusnya pemuda kedalam lingkaran narkoba itu adalah kurangnya pendidikan moral dan keagamaan yang diserap.

Dengan upaya – upaya tersebut, diharapkan dapat melakukan pencegahan serta penanggulangannya, dimana Kota Tanjungpinang kedepannya, mejadi kota yang terbebas dari bahaya narkoba.

Selain itu, Wawako berpesan, bagi para pelajar yang menjadi kader anti narkoba, dan setelah mendapatkan materi dari narasumber tentang bahaya narkoba, agar dapat menyebarluaskan informasi kepada teman – temannya, baik itu di sekolah, keluraga maupun masyarakat di sekitar lingkungan masing – masing. Pada kesempatan itu juga, Wawako mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk lebih aktif dan peduli terhadap pencegahan dan penyalahgunaan narkoba, baik di kalangan dewasa maupun pelajar.

Diacara itu juga, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tanjungpinang, Drs. M. Juramadi Esram MT mengemukakan, tujuan dilakukannya kegiatan tersebut untuk memberikan pengetahuan tentang bahaya narkoba bagi pelajar. Kepada seluruh peserta, pemerintah memberikan pengetahuan terhadap bahaya narkoba, apapun jenisnya, serta menanamkan pemahaman kepada pelajar supaya tidak mendekati narkoba dengan cara apapun.

Lebih lanjut, Kadispora Kota Tanjungpinang ini mengatakan, kegiatan penyuluhan tersebut, dilaksanakan selama tiga hari, dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang, yang terdiri dari perwakilan setiap siswa – siswi SMP/ SMA se – Kota Tanjungpinang. Narasumber pada penyuluhan itu juga berasal dari BNN Pusat, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Dinas Kesehatan, serta Kepolisian. Kegiatan juga, turut dihadiri oleh artis Ibu Kota, Lula Kamal, Kepala SKPD, Camat, Lurah serta tamu undangan lainnya.

NARASI/ FOTO : ALPIAN TANJUNG

Alpian Tanjung

Read Previous

Baharuddin Jalani Sidang Pelanggaran Pemilu

Read Next

Dishubkominfo Gelar Pemilihan Sopir Angkot Teladan