Dishubkominfo Gelar Pemilihan Sopir Angkot Teladan

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Sebagai wujud perhatian pemerintah kepada awak kendaraan angkutan umum selaku sumber daya manusia transportasi yang memiliki peran vital dalam peningkatan keselamatan dan kenyamanan transportasi jalan. Dalam hal itu, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tanjungpinang, kembali melaksanakan kegiatan pemilihan dan pemberian penghargaan kepada Sopir/ Juru Mudi/ Awak Kendaraan Umum Teladan (AKUT) tingkat Kota Tanjungpinang Tahun 2014.

Kegiatan itu juga, dilaksanakan di Hotel Sunrise (red, Hotel Bali) Tanjungpinang, dan berlangsung pada hari ini, Senin (13/5), serta di tutup pada 14 Mei 2014. Kegiatan tersebut, dibuka oleh Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, yang ditandai dengan pengalungan kepada peserta.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota H. Syahrul mengatakan, program pemerintah pusat ini, merupakan kegiatan yang di sejalankan dalam Undang – Undang Nomor 22 Tahun 2009, tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Hal ini, merupakan upaya membangun dan mewujudkan budaya keamanan dan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, melalui pemberian penghargaan terhadap tindakan keamanan dan keselamatan lalu lintas, ucap Syahrul.

Selain itu, Wawako menyampaikan, kegiatan itu juga merupakan wujud kepedulian, serta peran aktif pemerintah dalam rangka menurunkan angka kecelakaan di jalan serta meningkatkan keselamatan jalan. Disamping itu, juga memberikan pemahaman dan pembinaan terhadap pengemudi merupakan salah satu tanggungjawab pemerintah, yang diwujudkan dalam kegiatan ini.

Maka, pada tahun ini pemerintah akan memberikan penghargaan kepada para pengemudi angkutan umum yang berprestasi, penghargaan prestasi yang akan di berikan berupa uang pembinaan mulai dari juara satu sampai dengan juara harapan tiga, dan nantinya bagi peserta yang meraih juara satu, akan diikut sertakan dalam pemilihan Awak Teladan untuk mewakili Kota Tanjungpinang di tingkat Provinsi Kepulauan Riau. Mudah – mudahan dapat meraih hingga tingkat Nasional, katanya.

Untuk itu, pemerintah berharap kepada peserta yang berprestasi nantinya, dapat menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas, khususnya menjadi contoh tauladan bagi para pengemudi angkutan umum lainnya.

Sementara itu, Sekretaris Dishubkominfo Kota Tanjungpinang, Wan Khaidir, selaku ketua pelaksana kegiatan menjelaskan, maksud dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah memberikan informasi dalam rangka menanamkan kesadaran dan pedoman/ tata cara tentang perilaku berlalu lintas di jalan dengan tertib, sopan dan santun sesuai dengan peraturan perundang – undangan lalu lintas dan angkutan jalan.

Kegiatan pemilihan AKUT tingkat Kota Tanjungpinang ini juga, diikuti sebanyak 100 orang peserta, yang terdiri dari para awak pengemudi angkutan umum se – Kota Tanjungpinang, katanya.

Sedangkan, narasumbernya berasal dari Dirjen Perhubungan Darat Jakarta, Kasat Lantas Polres Tanjungpinang, Dishubkominfo Kota Tanjungpinang, PT. Asuransi Jasaraharja, serta Ketua DPC Organda Kota Tanjungpinang.

Pada acara itu juga, turut dihadiri oleh Kepala Dishubkominfo Kota Tanjungpinang, Drs. H. Wan Samsi, MM, para Asisten, Staf Ahli, Camat, Lurah, serta para pengemudi angkot. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Wawako Ingin Generasi Muda Tanjungpinang Hindari Narkoba

Read Next

Guru Honor SMK 4 di Nol Jamkan Kepala Sekolah