Disperindag Jamin Stok Sembako Cukup Jelang Puasa

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), menjamin stok sembilan bahan pokok (Sembako) masih mencukupi menjelang bulan Puasa mendatang. Selain itu, Disperindag juga memperkirakan harga kebutuhan pokok bakal naik sekitar 5 persen.

Menjelang Puasa, biasanya harga sembako mengalami kenaikan sekitar 5 persen. Namun, stok bahan pokok sampai menjelang Puasa masih aman dan mencukupi untuk kebutuhan masyarakat Kepri,” kata Kepala Disperindag Provinsi Kepri, Syeh Muhammad Topik, Jumat (23/5).

Biasanya, menurut Topik, pantauan kondisi dilapangan tiap tahunnya mengalami kenaikan harga di beberapa komoditi, terutama pada komoditi daging sapi segar, telor dan cabe.

“Memasuki lebaran, baru terjadi kenaikan pada daging dan cabe merah. Tapi kenaikan harga itu, kita tak bisa memprediksinya, hanya kemungkinan bisa naik sekitar 5 persen,” ujar Topik.

Sedangkan, lanjut Topik, untuk harga beras dan gula, biasanya masih tetap stabil dan normal. Selain itu, guna menjamin ketersedian stok beras yang ada di pasaran, Disperindag bisa melakukan “intervensi” kepada Bulog untuk melakukan operasi pasar untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

Bahkan, Disperindag Kepri juga terus melakukan pengecekkan harga barang komoditi, apabila terjadi kenaikan harga terlalu tinggi. Selain itu juga, akan melakukan bazar pasar murah dan juga memberikan bantuan sembako untuk masyarakat miskin,” katanya. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Pertemuan Nasional Museum Se – Indonesia Digelar di Tanjungpinang

Read Next

Pratiwi Ajak Pemuda dan Pemudi Kota Batam Untuk Lebih Peduli