Wali Kota Resmikan RKB Sekolah

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH meresmikan sejumlah ruang kelas baru (RKB) dibeberapa sekolah setingkat SD, SMP, dan SMK se-Kota Tanjungpinang, pada Sabtu (29/3). Salah satunya, Lis meresmikan RKB tersebut di SDN 017 Jalan Pramuka Lorong Nias Kelurahan Tanjung Ayun Sakti, Kecamatan Bukit Bestari.

Selain RKB, Wali Kota juga meresmikan 2 buah perpustakaan sekolah. Sedangkan, pembangunannya bersumber dari pendanaan APBD Kota Tanjungpinang tahun anggaran 2013 dan APBN tahun anggaran 2013.

Lis mengatakan, pembangunan ruang kelas baru tersebut merupakan wujud dari upaya pemerintah dalam memajukan pendidikan di Kota Tanjungpinang.

Dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk, maka harus diimbangi pula dengan peningkatan sarana dan prasarana, khususnya di bidang pendidikan, kata Lis.

Ia menambahkan, peningkatan sarana dan prasarana dimaksud tentunya disesuaikan pula dengan kondisi daerah. Pembangunan sekarang ini tidak lagi melebar kesamping atau ke depan maupun belakang, tetapi keatas. Itulah kenapa 6 RKB di SDN 017 ini dibangun menjadi 2 lantai. Ini juga salah satu kiat dalam mengoptimalkan lahan yang tersedia, ucap Wali Kota.

Lis juga mengatakan, dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk di Kota Tanjungpinang, maka harus ada peningkatan mutu pendidikan. Mutu pendidikan tidak dinilai dari banyaknya sekolah, tapi dari kompetensi pengajar dan anak didiknya. Ini jelas terlihat dari 3 konsep pemerataan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, yaitu pemerataan kepala sekolah, pemerataan guru, serta pemerataan lembaga pendidikan.

Dimana pun sekolahnya, baik guru maupun pengajar yang berkompeten dan berprestasi pasti akan mampu meningkatkan kualitas pendidikan dimana mereka ditempatkan, ujarnya.

Akan hal itu, Lis berpesan kepada para kepala sekolah, guru serta pengawas sekolah, agar seorang guru tidak melupakan dua fungsinya, yaitu sebagai pendidik dan pengajar.

Pendidikan formal itu wajib, tapi bangsa ini juga membutuhkan pendidikan karakter yang kuat untuk ditanamkan kepada generasi muda sebagai penerus cita – cita bangsa, paparnya.

Peresmian RKB di SDN 017 Bukit Bestari ditandai dengan pengguntingan pita serta penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Tanjungpinang dengan didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang Drs. HZ. Dadang. AG.

Sedengkan, perincian pembangunan RKB dibeberapa sekolah tersebut, yakni enam RKB di SDN 017 Kelurahan Tanjung Ayun Sakti menggunakan sumber pendanaan dari APBD Kota Tanjungpinang, dimana ruang kelas dibangun menjadi 2 lantai. Sementara, yang bersumber dari APBN adalah 14 RKB di beberapa SD Negeri, 2 RKB di SMPN 7, 2 RKB di SMKN 2, serta 2 ruang perpustakaan masing – masing di SDN 015 Bukit Bestari dan SDN 012 Tanjungpinang Barat. Dengan demikian total keseluruhan APBD T.A 2013 dan APBN T.A 2013 yang dikucurkan dalam program itu sebesar Rp5,1 miliar. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Penerimaan CPNS Tanjungpinang Masih Tunggu SK Menpan

Read Next

HUT Ke 6, BPR Bestari Bagikan Sembako