Peserta Mandiri Bisa Dapat Program BPJS Kesehatan

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Pelaksana Harian Kepala Kantor Cabang PT Askes Tanjungpinang, Rizka Adhiati Ssi Apt AAK mengatakan, bagi peserta mandiri atau masyarakat kategori umum bisa mendapatkan jaminan kesehatan dari PT Askes Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Pada 1 Januari 2014 sudah bisa digunakan untuk mendapatkan Jaminan Kesehatan dari PT Askes BPJS Kesehatan untuk peserta mandiri atau masyarakat kategori umum. Selain dari peserta yang sudah terdaftar seperti Jamkesmas, Jamkesda, Jamsostek Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK), TNI dan Polri secara otomatis sudah terdaftar di PT Askes BPJS Kesehatan,” kata Rizka Adhiati, kemarin.

Dia mengatakan, untuk peserta mandiri atau masyarakat serta kategori umum yang tidak mempunyai upah atau bukan  karyawan, tentunya harus terlebih dahulu mendaftarkan ke PT Askes BPJS Kesehatan.

“Jadi warga yang belum memiliki jaminan kesehatan bisa mendaftar ke kantor PT Askes BPJS yang berada daerah Tepi Laut Tanjungpinang, dengan cara cukup membawa KTP,  jika punya anak istri, bawa KTP suami istri, Kartu Keluarga (KK) dan pas poto 3×4 satu lembar. Maka nanti akan diberikan berupa kartu peserta seperti ATM yang bisa digunakan untuk berobat di rumah sakit pemerintahan maupun swasta dengan ketentuan yang telah ditetapkan, tentunya yang sudah menjalin kerjasama sama dengan PT Askes BPJS Kesehatan,” ujar Rizka.

Namun, Rizka mengatakan, kategori masayarakat umum tersebut untuk pembayaran preminya masih menunggu ketetapan dari pemerintah pusat.

“Tapi saat ini kami belum mengetahui berapa yang harus dibayar preminya oleh kategori masayarakat umum yang bukan karyawan. Mudah – mudahan dalam minggu ini kami sudah mendapatkan imformasi untuk peserta kategori masayarakat umum ini,” kata Rizka.

Sementara Rizka menambahkan, untuk di Kota Tanjungpinang rumah sakit yang sudah bekerjasama yaitu seluruh rumah sakit pemerintahan, tapi untuk rumah sakit swasta hanya Rumah Sakit Angkatan Laut. Sedangkan untuk di Kota Batam rumah sakit yang bisa digunakan untuk berobat yaitu Rumah Sakit Awal Bros, Rumah Sakit Otorita Batam, Embung Fatimah dan lain sebagainya.

“Tapi untuk rumah sakit lainnya, kami saat ini masih menunggu tarif dari rumah sakit yang ingin bekerjasama dan kalau sudah sesuai tarifnya maka kami akan bekerjasama,” ujarnya. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Ansar Berikan Bantuan kepada Nelayan Bintan

Read Next

Ekspor dan Impor Naik Turun di Kepri Selama Oktober