Ansar Berikan Bantuan kepada Nelayan Bintan

Bintan, IsuKepri.com –  Sebanyak 598 Rumah Tangga Miskin (RTM) yang terdiri dari Kelompok Usaha Bersama (KUB) menerima bantuan peralatan dan armada perikanan dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bintan, Senin (2/12) di halaman Pabrik Es Barek Motor  Kijang.

Bantuan ini merupakan program pengembangan dan pengelolaan perikanan tangkap kegiatan pengembangan usaha penangkapan ikan dan pemberdayaan nelayan sekala kecil. Penyerahan bantuan sarana produksi perikanan untuk nelayan Kabupaten Bintan ini di serahkan langsung oleh Bupati Bintan H Anshar Ahmad. Ansar berharap nelayan bisa mendapatkan bantuan peralatan menjaring bisa menggunakan sebaik-baiknnya.

“Nelayan yang diberikan bantuan ini adalah nelayan yang sudah diselektif, bagaimana medianya silakan kerja sama dengan HNSI pihak lain agar bantunan benar-benar sampai yang berhak menerimahnya. Saat ini kita sudah sepakat komitmen dan akan kita awasi dengan baik,” kata Ansar Ahmad.

Kepala DKP Bintan Wan Rudi Iskandar ditempat menyampaikan, beberapa bantuan ini diberikan berupa peralatan dan armada perikanan tangkap diberikan agar nelayan dapat meningkatkan produksi melalui produktifitas kerja dengan memanfaatkan potensi kelautan yang ada. KUB nelayan yang menerima bantuan  tersebut terdiri dari 40 KUB sebanyak 317 RTM bidang perikanan tangkap. Ditambah 40 KUB sebanyak 281 RTM bidang perikanan budidaya.

“Bantuan sekala kecil ini berupa pengadaan sarana dan prasarana perikanan tangkap dilaksanakan bantuan berupa kapal motor Fiber 1 GT sebanyak 4 Unit, kapal motor kayu 1 dan 2 Gt masing-masing sebanyak 13 unit dan 2 unit. Ada juga penyerahan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk membantu para nelayan melalui pemberian Kapal Motor Fiber GT sebanyak 22 unit,” jelasnya kembali..

Ditambahkannya, nelayan ini juga mendapatkan bantuan dalam bentuk paket sampan Motor Fiber sebanyak 20 unit, sampan kayu sebanyak 33 unit, pemberian jaring sebanyak 1.911 piece, bubu 4935 buah, kelong 2 unit, dan pemberian paket rumpon sebanyak 50 unit.

“Adapun paket rumpon ini terdiri dari peralatan Navigasi seperti GPS sebanyak 24 unit, Radio Komunikasi untuk nelayan 60 unit, alat pendetkesi ikan Fish Finder 24 unit, mesin inboad 2 unit, fiber box 46 unit dan pemberian bantuan peralatan pendukung perikanan seperti kawat bubu, lampu petromak, accu, batery charge dan power suply,” ungkapnya. (HK)

suprapto

Read Previous

Gelombang 5 Meter Ancam Nelayan Natuna dan Anambas

Read Next

Peserta Mandiri Bisa Dapat Program BPJS Kesehatan