Korban Pencabulan Tinggi Selama Tahun 2013

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Komisioner Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Provinsi Kepri, Putu Elvina Ghani mengatakan, korban pencabulan anak dibawah umur dari Januari hingga Oktober 2013 semakin tinggi. Hal itu jika dibandingkan dengan tahun 2012 lalu.

Untuk korban pencabulan pada tahun lalu, hanya sekitar 37 orang dari 36 kasus yang kita tangani. Sedangkan, pada tahun 2013 ini, korban semakin bertambah, yakni ada sekitar 41 orang dengan jumlah kasus yang sama, ujar Putu, Kamis (24/10).

Sementara, kata Putu, untuk Anak Berhadapan Hukum (ABH), atau biasa dibilang pelakunya anak, itu hanya tujuh orang dengan jumlah empat kasus ditahun 2012 lalu, namun ditahun 2013 naik menjadi tujuh kasus dengan jumlah pelaku tujuh orang.

Putu mengutarakan, bahwa kebanyakan yang melakukan pencabulan kepada anak adalah orang dewasa, pelakunya bisa dari ayah kandungnya sendiri, ayah tiri, kakek, paman, tetangga, ataupun pacarnya.

“Korban yang melibatkan anak ini kebanyakan dilakukan oleh orang dewasa, seperti, ayah kandung, ayah tiri dan orang – orang disekitarnya,” ujarnya.

Akan hal itu, Putu mengharapkan, agar orang tua lebih menjaga dan mengawasi anaknya supaya tidak menjadi korban pencabulan.

“Saya harap orang tua bisa mengawasi anaknya, agar tidak menjadi korban, apalagi banyak kasus korban yang dicabuli ayahnya sendiri, untuk itu perlu juga ada pengawasan dari ibu,” ucapnya. (CR11)

Alpian Tanjung

Read Previous

BNN Sosialisasi Bahaya Narkoba Dilingkungan Instansi Pemko

Read Next

Ahli: Lahan Sudah Ada Jalan Harus Terpisah