Bulog Jamin Beras Cukup Hingga Akhir 2013

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Perum Bulog Sub Divisi Regional Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), menjamin beras raskin, dan Cadangan Beras Pemerintah (CDP), Rutan serta Lapas, cukup memenuhi kebutuhan pangan hingga akhir tahun 2013 mendatang.

“Saat ini stok beras kita yang ada di gudang Bulog untuk tiga bulan kedepan cukup, dan masih tersedia sekitar 2.751 ton. Bahkan, diperkirakan lebih, sebab sekarang ada penambahan lagi sekitar 650 ton yang sedang dibongkar,” kata Bidang Pelayanan Publik (PP) Perum Bulog Sub Divisi Regional Tanjungpinang, Andi Patris, Selasa (22/10) di kantornya.

Andi menjelaskan, hal itu juga untuk mengantisipasi harga beras di pasar. Sedangkan, jumlah beras sekitar 2.751 ton tersebut, akan diditribusikan ke daerah Kabupaten Natuna, Dabo, Anambas, Bintan dan Tanjungpinang.

“Beras yang kita kirim ke masing – masing kabupaten itu juga berasal dari Vietnam, yang di datangkan dari Dumai, karena centralnya disana. Dulunya, beras ini berasal dari Thailand,” ujar Andi.

Sementara, kata dia, beras raskin yang ditujukan untuk masyarakat miskin atau Rumah Tangga Sasaran, hingga saat ini dan kedepannya tidak ada masalah. Sedagkan, untuk CDP diberikan hanya apabila kalau ada bencana alam. Akan tetapi, pihaknya terlebih dahulu berkoordinasi dengan Pemda setempat.

“Sementara, beras CDP untuk bencana alam ini, kami berikan hanya sekitar 100 ton pertahun,” katanya.

Selain itu, kata Andi, untuk pengalokasian beras ke Rutan dan Lapas, sebelumnya atas permintaan Kemenkumham pusat.

“Beras yang kami berikan tergantung permintaan dari Kemenkumham dan itu bervariasi. Pemberian untuk Rutan dan Lapas biasanya pertiga bulan, yaitu sekitar 15 ton,” ucapnya. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Satpol PP Tanjungpinang Gelar Razia Pelajar di Warnet

Read Next

Wali Kota Serahkan Bantuan Raskin Kepada RTS