723 Mantan Karyawan SCI Terima Gaji Bulan Juli

Batam, IsuKepri.com – Sebanyak 723 mantan karyawan PT. Sun Creation Indonesia (SCI) kawasan Industri Tunas Batam Centre, menerima gaji untuk bulan Juli, pada Jumat (11/10). Akan hal itu, sejak pukul 08.00 WIB, para mantan karyawan SCI tersebut telah memenuhi gedung bekas tempat mereka bekerja dan mengantri untuk mengambil sepertiga haknya yang belum diterima.

“Pengambilan sepertiga gaji yang belum kami terima, bisa diambil hari ini sampai hari Sabtu besok,” ujar salah satu mantan pegawai SCI.

Sementara, sebelumnya para mantan karyawan SCI itu resah, karena mereka sudah lama menunggu kepastian pembayaran gaji dan pesangon tersebut. Tambah lagi, adanya isu yang beredar luas, jika aset perusahaan akan pindah lantaran sewa gedung sudah habis.

Pemindahan aset perusahaan asal Jepang itu, belum ada disepakati antara Pengurus Unit Kerja (PUK) dengan pihak pengelola kawasan, ucap buruh yang gajinya masih belum terbayarkan oleh pihak perusahaan tersebut.

Kepada IsuKepri.com, ia mengatakan, belum lama ini, pihak manajemen perusahaan yang ada di Jepang sudah melakukan pengiriman uang sebanyak USD 54 ribu. Uang itu disebut untuk membayar gaji 15 buruh yang belum dibayar sebelumnya, serta tambahan pembayaran gaji untuk ratusan buruh lainnya. Dana yang masuk itu juga, untuk pembayaran gaji ratusan buruh yang belum dilunasi pihak manajemen sekitar 17 persen lagi. Sementara, untuk dana pesangon sama sekali belum ada dibayarkan.

“Dengan dana yang baru ini, belum sepenuhnya dapat melunasi gaji ratusan buruh, apalagi pesangon. Kami berharap, Pemerintah Batam dapat membantu menyelesaikan permasalahan PT SCI ini. Jika tidak, seluruh karyawan akan menggelar demo yang akan dilaksanakan pada 21 Oktober 2013 nanti,” ujar Suliati. (CR03)

Alpian Tanjung

Read Previous

Harry Sebut Perekonomian Kepri Bisa Rangking III

Read Next

BUMD Tanjungpinang Sediakan Dua Unit Toilet