BUMD Tanjungpinang Sediakan Dua Unit Toilet

Tanjungpiang, IsuKepri.com – Dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap pemungkiman padat kumuh, yang berada dibawah pengelolaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Tanjungpinang Makmur Bersama. Untuk itu, BUMD Tanjungpinang melaksanakan program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) dengan pembuatan dua unit Toilet Plus di Pasar Baru II dan Pasar Potong Lembu.

“Pembuatan dua unit toilet tersebut, berdasarkan dengan usulan yang difasilitasi oleh BUMD Kota Tanjungpinang terkait dengan sinergi anggaran dan program peningkatan fasilitas fisik unit perpasaran yang dikelola oleh BUMD melalui Kementerian Pekerjaan Umum tahun 2013,” kata Direktur BUMD PT Tanjungpinang Makmur Bersama, Eva Amelia, Jumat (11/10).

Kepada IsuKepri.com, Eva mengatakan, sumber anggaran  pembangunan dua unit Toilet Plus tersebut berasal dari dana hibah APBN bantuan sosial dari Kementerian Pekerjaan Umum Bidang Cipta Karya tahun 2013. “Untuk satu unit Toilet Plus tersebut anggaran dananya sebesar Rp400 juta,” kata Direktur BUMD tersebut.

Dia menambahkan, lokasi pembangunan dua unit Toilet Plus tersebut, yakni lokasi pertama dibangunan di Pasar Ikan atau di Pelantar KUD. Sedangkan, lokasi ke dua disamping pasar Potong Lembu yang dilaksanakan oleh masyarakat yang berbentuk Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM).

“BUMD Kota Tanjungpinang hanya sebagai pemilik atau pengelola lahan lokasi akan memfasilitasi pelaksanaan kegiatan, yang sebelumnya telah berkoordinasi dan di musyawarahkan melalui perangkat RT/ RW di masing – masing lokasi, Camat dan Lurah Tanjungpinang Kota,” ujar Eva.

Sebelumnya, kata Eva, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan pelaksana satuan kerja (Satker) yakni bidang Pengembangan Penyehatan Lingkungan Pemungkiman (PLPP), melalui fasilitas Dinas PU Provinsi Kepri dan didampingi oleh PU Kota Tanjungpinang.

“Pelaksana pekerjaan ini telah dimulai awal September 2013 dengan konsultan tenaga fasilator lapangan sanimas dan pelaksana kerjanya sekitar 100 hari Kalender,” kata Eva. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

723 Mantan Karyawan SCI Terima Gaji Bulan Juli

Read Next

Umrah Buka Pendaftaran Mahasiswa di Delapan Prodi