Disdikbud Tanjungpinang Adakan Festival Bedug

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, menyelenggarakan Festival Bedug di pelataran Ocean Coorner Tepi Laut Tanjungpinang, Rabu (7/8). Acara tersebut, dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd dan ditandai dengan pemukulan Bedug.

Dalam acara tersebut, hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. HZ. Dadang AG, Kepala Kementrian Agama Kota Tanjungpinang, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang, dan Tokoh Masyarakat serta para peserta Festival.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd mengatakan, Festival Bedung merupakan kegiatan kesenian tradisional Islam dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1434 H, serta untuk menyemarakkan malam takbiran di Kota Tanjungpinang.

Kegiatan ini, digelar setiap tahunnya sebagai upaya menumbuhkembangkan kreatifitas seni yang bernuansa Islam, jati diri dan ajang prestasi serta merupakan wadah dalam meningkatkan kualitas Iman dan Taqwa khususnya dikalangan generasi muda, ujar Syahrul.

Pemerintah, kata Syahrul, selaku media antisipator harus dapat mencegah dan membendung budaya asing yang masuk ke Kota Gurindam ini, sehingga generasi muda dapat menyongsong masa depannya dengan bijak.

Untuk itu marilah kita bersama – sama memberi laluan pada generasi muda dengan memfasilitasi dan mengadakan kegiatan – kegiatan seperti ini dalam upaya melestarikan kesenian tradisional Budaya Islam. Katanya.

Wakil Wali Kota mengharapkan, kegiatan ini semakin semarak lagi kedepannya agar peserta lebih bertambah, dan dilengkapi dengan kampung ramadhan di area lomba. Pada kesempatan itu juga, Syahrul mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1434 H Minal Aidin Walfaidzin Mohon Maaf Lahir dan Bathin kepada seluruh lapisan Masyarakat.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang Drs. HZ. Dadang AG, selaku ketua pelaksana menyampaikan, peserta Lomba Festival Bedug tersebut, diikuti oleh 12 Group utusan dari Remaja Masjid dan pesantren.

Para peserta akan bersaing menjadi yang terbaik untuk memperebutkan hadiah uang tunai, piala dan piagam yang disediakan oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang, ucap Dadang.

Masih kata Dadang, kegiatan ini merupakan pembinaan prestasi untuk dapat mempersiapkan para generasi muda di ajang ivent Tingkat Provinsi maupun Nasional serta sebagai upaya mewujudkan Kota Tanjungpinang sebagai Kota Budaya Islam. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

HMI Batam Gelar Tadarusan Selama Bulan Ramadhan

Read Next

Pemko Tanjungpinang Gelar Pawai Takbir