• September 28, 2020

Diinisiasi Ansar Ahmad, Bandara Tambelan Resmi di Gunakan

BINTAN,- Peresmian Bandar Udara Tambelan Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan yang dilaksanakan Selasa (4/8) kemarin menjadi tapak baru bagi masyarakat Bintan khususnya Tambelan. Bandara yang diinisiasi sejak tahun 2010 oleh H. Ansar Ahmad SE MM yang kala itu menjabat sebagai Bupati Bintan baru mulai dibangun tahun 2014 dan selesai serta diresmikan tahun ini.

Bandar Udara Tambelan memiliki landasan pacu 1.200m x 30m dan luas terminal 600m2 dengan jarak tempuh dari kota kecamatan Tambelan ke Bandara ini kurang lebih 2 km. Bandara ini akan dikelola oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara melalui Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas III Dabo Satpel Bandar Udara Tambelan. Saat ini seluruh pekerjaan bandara baik dari sisi darat maupun udara telah rampung dan siap dipergunakan sebagai salah satu penunjang alat transportasi udara di Kabupaten Bintan.

Mantan Bupati Bintan yang kini menjabat sebagai anggota Komisi V DPR RI, Ansar Ahmad, kepada wartawan mengatakan keberadaan Bandara Tambelan diperlukan dalam rangka meretas keterisolasian wilayah, khususnya di wilayah tertinggal, terdepan, terluar dan perbatasan (3TP) di Kabupaten Bintan.

Selain itu, jelas Ansar, keberadaan Bandara Tambelan juga untuk melayani dan memudahkan angkutan penumpang dan barang dari dan ke Tambelan. “Di sisi lain tentu kita ingin Tambelan sebagai salah satu destinasi wisata yang diakui dunia bisa terdongkrak dari sisi kunjungan wisatawannya,” kata Ansar.

Menurut Ansar Ahmad yang kini maju sebagai salah satu calon Gubernur Kepri ini, Pulau Tambelan merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia. Secara geografis, sebelah utara Tambelan berbatasan dengan Perairan Kecamatan Midai. Sebelah Selatan berbatasan dengan Selat Karimata, sebelah Barat berbatasan dengan Perairan Laut Cina Selatan dan sebelah Timur berbatasan dengan Perairan Provinsi Kalimantan Barat.

“Potensi pariwisata di Tambelan itu luar biasa. Bagi wisatawan yang menyukai fishing, diving, snorkling dan petualangan laut, Tambelan itu surganya. Potensi bahari di pulau ini sangat menjanjikan. Wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau yang dikenal luas dengan sebutan ‘Pulau Sabda’ ini dapat menikmati air laut yang jernih dan karang yang berwarna warni,” tutur Ansar setengah berpromosi. ( ***)

0 Reviews

Write a Review

Redaksi

Read Previous

API Kepri Gelar Seminar Pancasila di Tanjungpinang

Read Next

Ansar Ahmad Dapat Keluhan Air Bersih Dari Masyarakat Bunguran Timur