Lomba TTG 2015 Perebutkan Hadiah Rp74,5 Juta

Batam, IsuKepri.com – Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (PMP – KUKM) kembali menggelar Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG). Pada lomba itu juga, memperebutkan hadiah total sebesar Rp74,5 juta.

Lomba TTG 2015 tingkat Kota Batam kali ini juga mengangkata tema “Daya Kreatif dan Inovatif untuk Produktif Akan Membangun Kesejahteraan Masyarakat Batam”.

Kepala Dinas PMP – KUKM Kota Batam, Pebriallin mengatakan, Pemko Batam sudah menggelar lomba ini sejak tahun 2009. Tujuannya untuk menstimulan serta menjaring ide – ide teknologi tepat guna yang diciptakan oleh masyarakat umum maupun pelajar dan mahasiswa.

“Gelar teknologi tepat guna ini merupakan event nasional yang dilaksanakan setiap tahun. Sebagai langkah strategis dalam penyebarluasan informasi berbagai teknologi yang dapat memberikan nilai tambah, baik kualitas maupun kuantitas produk yang dihasilkan pelaku usaha mikro kecil menengah,” kata Pebrialin, Kamis (22/1).

Ia mengaku, sama seperti tahun lalu, lomba ini dibagi menjadi dua kelompok, yakni peserta mahasiswa dan umum, serta peserta pelajar. Bagi kelompok mahasiswa dan umum, disiapkan hadiah senilai Rp15 juta, Rp 12,5 juta, dan Rp10 juta untuk juara I, II, serta III. Sedangkan untuk peserta pelajar juara terbaik I akan menerima hadiah Rp10 juta, juara II Rp9 juta, dan juara III Rp8 juta.

“Bedanya, tahun ini kategori lomba juga dibedakan menjadi dua. Yakni krenova atau kreasi dan inovasi, serta TTG unggulan. Pengertian unggulan disini, teknologi temuan tersebut sudah diterapkan di usahanya. Sedangkan krenova ini belum. Tapi harapan kedepan, krenova ini bisa diaplikasikan sehingga bisa menjadi TTG unggulan,” papar Pebrialin.

Hadiah yang disediakan bagi pemenang dikategori unggulan yakni uang pembinaan senilai Rp10 juta. Sehingga total hadiah yang diperebutkan dalam Lomba TTG 2015 tingkat Kota Batam ini adalah Rp74,5 juta.

Adapun syarat mengikuti lomba ini antaralain Warga Negara Indonesia, memiliki KTP/ kartu pelajar, untuk mahasiswa dan pelajar dilengkapi dengan surat keterangan dekan atau kepala sekolah. Peserta harus berdomisili di Batam.

Formulir pendaftaran bisa diambil di kantor Dinas PMP – KUKM di Jalan Pramuka nomor 1 Sekupang. Atau dapat diunduh melalui situs jejaring resmi milik Dinas PMP – KUKM, di http://skpd.batamkota.go.id/koperasi. Pendaftaran paling lambat 18 Maret 2015 pukul 16.00 WIB. Peserta diminta menyertakan proposal temuan TTG dan foto/ video dokumentasi saat mendaftar ke Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinas PMP – KUKM.

“Pelaksanaan lombanya akan diadakan pada 26 – 28 Maret 2015 mendatang. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Kabid Pemberdayaan Masyarakat, Rayanis Aminah atau Kepala Seksi Pengembangan SDA dan TTG saudara Yosse Rizal,” ujarnya. (AJANG NURDIN)

Alpian Tanjung

Read Previous

PMII Minta Hanafi Dicopot Dari Kasatpol PP

Read Next

BBM Turun, Harga Semen di Tanjungpinang Naik