Dewan : BPK Berperan Penting Awasi Keuangan Daerah

Batam, IsuKepri.com – Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepri, Amir Hakim menyampaikan, Badan Pengawas Keuangan (BPK) Perwakilan Kepri sangat berperan penting dalam mengawasi pengelolaan keuangan daerah.

Selain itu juga, dapat menemukan penggunaan dan penyelewengan keuangan daerah. Sehingga dapat mencegah korupsi, ucap Amir saat menghadiri laporan hasil pemeriksaan (LHP) di Kantor BPK Kepri, Jumat (16/1).

Menurutnya, jika pengelolaan keuangan digunakan dengan baik dan benar, pasti akan menghasilkan yang positif. Sehingga dapat mencegah penyelewengan keuangan daerah.

“Keuangan daerah yang dikelola dengan benar akan mencapai yang positif dalam program kerja pemerintahan, dan sekaligus meningkatkan kesejahteraan rakyat,” tutur Amir.

Untuk pemerintah daerah, lanjutnya, pasti sangat memerlukan saran dan kinerja BPK agar dapat meningkatkan pengelolaan serta tanggungjawab keuangan daerah. Sehingga Kepulauan Riau mendapatkan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP).

Dari hasil pemeriksaan hari ini, tentu saja menjadi bahan penting bagi DPRD Kepri dalam melakukan pengawasaan. Salah satu laporan pemerintah yang diwakili BPK Kepri tentang pengelolaan air bersih oleh PDAM Tirta Kepri yang memiliki straregis bagi Provinsi Kepri yang menyangkut hidup hajat orang bayak, ujarnya.

Ia mengatakan, mengingat posisi yang sangat strategis, maka kinerja PDAM harus terjaga baik dalam aspek keuangan maupun teknis. Oleh karena itu, PDAM memiliki aspek keuangan yang sehat.

“Kami meminta semua unit – unit kerja menyajikan laporan keuangan yang baik dan benar, agar keuangan daerah semakin hari semakin sehat. Sehingga penggunaan anggaran menjadi efektif dan efesien,” ucapnya. (AJANG NURDIN)

Alpian Tanjung

Read Previous

Atasi Kelangkaan Gas, Disperindag Akan Lakukan Operasi Pasar

Read Next

BPK Beri Waktu 60 Hari Untuk Perbaiki LHP