Pencari Kerja di Tanjungpinang Capai 1.728 Orang Hingga Oktober

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Tanjungpinang menyatakan, jumlah pencari kerja selama Januari hingga Oktober 2014 di Tanjungpinang mencapai 1.728 orang.

“Dari jumlah tersebut, pencari kerja laki – laki sebanyak 755 orang dan perempuan sebanyak 973 orang,” papar Kepala Seksi (Kasi) Penempatan Tenaga Kerja Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Tanjungpinang, Ismanidar, Rabu (12/11) kepada isukepri.com.

Ia mengatakan, jumlah total pencari kerja tersebut, bila dilihat dari tamatan sekolah yaitu terdiri tamatan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA), Sekolah Menegah Kejuruan (SMK), Diploma dan Sarjana.

“Diantara pencari kerja tersebut, yang paling banyak dari tamatan SLTA yaitu laki – laki sebanyak 319 orang dan perempuan 315 orang selama Januari hingga Oktober 2014. Kemudian disusul tamatan SMK, Sarjana, Diploma, SLTP dan SD,” kata Ismanidar.

Sedangkan, kata dia, bila dilihat jumlah dari bulan ke bulan berikutnya, untuk pencari kerja di Kota Tanjungpinang selama Januari hingga Oktober, yaitu unutk Januari ada sekitar 55 orang, Februari 102 orang, Maret 128 orang, April 65 orang, Mei 259 orang, Juni 726 orang, Juli 97 orang, Agustus 183 orang, September 76 orang dan Oktober 35 orang.

“Naik turunnya pencari kerja tidak bisa kita tentukan, namun tingginya pencari kerja bisa dilihat apabila ada penerimaan PNS. Karena mereka banyak yang mengurus kartu kuning, untuk persyaratan pencari kerja,” ujarnya.

Sementara, sambungnya, bila lihat dari umur pencari kerja di Kota Tanjungpinang, paling banyak di usia produktif. “Yang paling banyak pencari kerja di Kota Tanjungpinang yaitu usia 15 tahun hingga 45 tahun yaitu usia produktif,” ucapnya. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

PKK Bintan Sosialisasikan Pencegahan Kekerasan Seksual Terhadap Anak

Read Next

BPS : Pekerja di Kepri Capai 819.656 Orang Pada Agustus