• September 27, 2022

Pemkab Bintan Bantu Dua Unit Kapal Penumpang

Bintan, IsuKepri.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan melalui Dinas Perhubungan Bintan, membantu dua uni kapal penumpang untuk masyarakat Pulau Numbing dan Mapur. Dua unit kapal berukuran 10 GT (Grosston) itu juga, diserahkan oleh Bupati Bintan, Ansar Ahamad di kawasan Barek Motor Kijang, Selasa (4/11).

Ansar mengatakan, bantuan yang dilakukan Pemkab Bintan ini, guna mempermudah akses masyarakat di kepulauan di Bintan dalam hal transportasi masyarakat yang hendak ke daratan Bintan.

“Dengan adanya bantuan dua unit kapal penumpang untuk masyarakat Bintan yang berada di pulau seperti Numbing dan Mapur bisa mempermudah akses mereka dalam transportasi laut,” ucap Ansar.

Ia menyampaikan, kapal penumpang ini akan sangat bermanfaat sekali, khususnya bagi mereka masyarakat yang ada di pulau – pulau. “Ini akan sangat bermanfaat bagi mereka,” katanya.

Selain itu, penyerahan bantuan kapal ini juga disejalankan dengan acara penyerahan bantuan kapal nelayan kepada seluruh nelayan yang ada disetiap kecamatan terkecuali Kecamatan Toapaya.

Sementara, Kepala Dishub Bintan, Ismail mengatakan, sumber dana dua kapal yang diberikan kepada masyarakat Mapur dan Numbing ini berasal dari Anggaran Pembiayaan Belanja Daerah (APBD) Bintan tahun 2014.

“Ini dari APBD tahun 2014. Kita memberikan bantuan kepada dua wilayah supaya transportasi bisa lebih mudah,” ucap Ismail.

Untuk pengoperasionalannya, sambungnya, akan ditunjuk kepada desa di pulau tersebut agar dapat membentuk badan yang nantinya mengelola dengan sistem managemen yang baik. Sehingga, biaya operasionalnya tidak lagi bergantung kepada pemerintah.

“Bantuan yang diberikan oleh pemerintah untuk masyarakat ini, bisa dikelola dengan baik. Pada prinsipnya, dari masyarakat untuk masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, kapal penumpang yang diberikan Pemkab Bintan tersebut, bernama Kapal Motor (KM) Bahtera Numbing dan KM Mapur Indah. Dua unit kapal tersebut telah resmi dioperasikan guna kepentingan masyarakat dan mempermudah sarana transportasi laut. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Dinsos Tingkatkan Peranan Generasi Muda Bintan

Read Next

Puluhan Mahasiswa Batam Tolak Kenaikan BBM