Komisi IV Sidak Tenaga Kerja Asing di Batam

Batam, IsuKepri.com – Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) terhadap tenaga kerja asing di PT CHD Tanjung Kasam Telaga Punggur, Senin (17/11).

Sidak yang dilakukan dewan ini juga, guna menindaklanjuti laporan dari salah seorang karyawan PT CHD ke Komisi IV DPRD Kota Batam, pada 21 Agustus 2014 lalu.

Akan tetapi, saat sidak berlangsung, salah satu anggota Komisi IV DPRD Kota Batam, Udin P Sihaloho mengaku kesulitan menggali keterangan dari pihak perusahaan tersebut, karena struktur manajemen perusahaannya tidak ada.

“Bagaimana mau mencari keterangan, manajer HRD – nya tidak ada,” papar Udin.

Namun setelah Komisi IV DPRD Kota Batam menemui salah seorang personalia di perusahaan tersebut, Handi mengaku baru masuk kerja pada Agustus 2014 lalu. Maka, ia tidak mengetahui secara rinci jumlah pekarja asing di perusahaan tersebut.

Untuk jumlah pekerja keseluruhannya sebanyak 392.200 orang. Sesuai data yang yang saya tahu, sebelumnya ada 310 warga negara asing dari China, dan sisanya asal Indonesia,” ucapnya.

Selain itu, Handi juga mengakui status PT CHD belum terstruktur keorganisasiannya. Bahkan, perusahaan tersebut merupakan safkon dari PT TJK Tower Bersama PT Indo Persada sebagai mitra PT Bright PLN Batam. (AJANG NURDIN)

Alpian Tanjung

Read Previous

Fasilitasi Akses Permodalan Usaha Kelautan dan Perikanan dan Rapat Teknis Sinkronisasi Program dan Anggaran P2HP Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2014

Read Next

Dewan Minta Pekerja Asing di PT CHD Dibekali Visa