Wako Sampaikan Amanat Mendikbud Pada Peringatan Hardiknas

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, menyampaikan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI dalam memperingati Hari Pendidikan Naional (Hardiknas) yang jatuh pada 2 Mei 2014. Dalam amanatnya, Mendikbud menitikberatkan dua hal yang sangat mendasar bagi dunia pendidikan.

“Dua hal itu adalah akses untuk mendapatkan layanan pendidikan yang dipengaruhi oleh ketersediaan dan keterjangkauan, serta kualitas yang dipengaruhi oleh 3 hal, yaitu ketersediaan dan kualitas guru, kurikulum, serta sarana dan prasarana,” ucap Lis saat membacakan sambutan Mendikbud RI, pada upacara memperingati Hardiknas di Lapanagan Pamedan Tanjungpinang, Jumat (2/5), dan disaksikan seluruh siswa siwsi dari tingkat SD hingga SMA/ SMK dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang.

Lis mengatakan, selain dua hal yang sangat mendasar tersebut, Pemerintah Kota Tanjungpinang juga berkomitmen di tahun 2014, dan akan merealisasikan pengembangan sekolah hasil kerjasama dengan UPI (Universitas Pendidikan Indonesia), untuk menjaga kualitas dan kuantitas pendidikan.

“Sekolah tidak harus banyak, tapi yang jelas harus berkualitas dan kuantitas kapasitas kelasnya cukup dan sarana dan prasarana olahraganya juga harus ada,” kata Lis.

Kemudian, kata dia, pendidikan tidak serta merta hanya sarana dan prasarana saja, tetapi lebih kepada pendidikan karakter bangsa. Selain itu, fungsi guru sebagai pendidian, juga sebagai pengajar.

“Keselarasan antara kedua fungsi guru tersebut, tentunya akan menciptakan generasi muda yang lebih baik. Tapi perbaikan sarana dan prasarana tetap harus diperhatikan sesuai dengan standarisasi,” ujar Lis.

Pada kesempatan itu juga, diserahkan penghargaan untuk sekolah berprestasi, baik di bidang akademik, bidang seni dan budaya, serta bidang olahgara. Selanjutnya diserahkan pula penghargaan kepada para pemenang Olimpiade Sains Nasional Tahun 2014 se – Kota Tanjungpinang. Serta penyerahan beasiswa dari BPJS Ketenagakerjaan kepada 200 siswa yang diserahkan secara simbolis.

Selain itu, Pemerintah Kota Tanjungpinang juga menyerahkan bantuan berupa 1 unit mobil jenazah kepada Yayasan Gambir Sejahtera. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Proyek Lanjutan Tepi Laut Dilelang Pada Mei 2014

Read Next

4 Putra Kepri Lulus Calon Tamtama TNI AD