Asap Masuk Rumah, Warga Riau Stress Mau ke Mana Lagi

Pekanbaru, Isukepri.com – Meski sudah menggunakan masker saat keluar dari rumah untuk melakukan aktivitas, tebalnya kabut asap menembus kesehatan warga Riau hingga menyebabkan sakit. Tidak sedikit pula yang terserang Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Nofry (28), salah seorang warga Panam Pekanbaru, mengeluhkan pekatnya kabut asap yang semakin hari semakin tebal. “Sudah pakai masker, tapi kepala saya pusing, mata perih, tenggorokan pun gatal,” ujar Nofry kepada merdeka.com, Jumat (14/3).

Kabut asap di Riau kini tak hanya menyelimuti udara di luar, namun di dalam ruangan pun juga masuk. Akibatnya, sejumlah sekolah dan perguruan tinggi terpaksa diliburkan karena khawatir bertambahnya korban ISPA dari kalangan pelajar.

“Sebenarnya kami tidak suka libur, rugi rasanya tidak masuk kuliah, tapi mau bagaimana lagi, daripada mati karena asap ini. Pasrah sajalah diliburkan, diam di rumah pun asap masuk juga, mau ke mana lagi kami ini,” kata Rivaldi, mahasiswa Universitas Islam Riau (UIR).

Dinas Kesehatan Propinsi Riau mencatat sudah 53.553 warga Riau terkena berbagai penyakit akibat bencana kabut asap. Dominannya masyarakat terserang penyakit ISPA.

Kepala Dinas Kesehatan Riau H Zainal Arifin mengatakan, dari 53.553 orang, ada 46.867 warga yang terjangkit penyakit ISPA. “Itu jumlah keseluruhan di Riau,” kata Zainal. (merdeka)

suprapto

Read Previous

Tumpukan Sampah Penuhi Pinggiran Jalan Jatayu Km 11

Read Next

Kasus Ekstrem Bayi Kembar Siam di India