Linmas Bintan Lakukan Pelatihan Pengamanan Pemilu 2014

Bintan, IsuKepri.com – Ratusan anggota perlindungan masyarakat (Linmas) se-Kabupaten Bintan diberikan pelatihan upaya pengamanan penyelenggaraan Pemilu Legislatif dan Pilpres 2014 di Bintan Agro Resort KM 36, Senin (11/11). pelatihan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Bintan, H Khazalik yang disaksikan jajaran Polres Bintan.

Kepala Satpol PP dan Linmas Pemkab Bintan, Ahmad Izhar, menyampaikan, penyelenggaraan Pileg dan Pilpres 2014 diperlukan situasi dan kondisi nasional sampai ke tingkat daerah yang aman dan kondusif. Sehingga warga negara berhak menggunakan hak suara (memilih) bisa menyalurkan aspirasi politiknya tanpa ada intimidasi, aman dan tenang.

Di Kabupaten Bintan, pemungutan suara akan dilakukan di 317 TPS. Idealnya, setiap TPS diperlukan 2 orang anggota Linmas sebagai pendukung tugas kepolisian.

Berdasarkan Perda nomor 6/2012, kami dari Satpol PP memandangkan perlu melaksanakan pelatihan dan pembinaan terhadap anggota Linmas di setiap kecamatan. Pelatihan sekitar 300 orang anggota Linmas kami laksanakan selama 3 hari dengan pembekalan materi dari Polres Bintan, ujar Ahmad Izhar.

Selain Polres, 300 peserta pelatihan juga mendapat materi pelatihan dari Dirjen PUM Pemerintahan Umum Kemendagri, KPU Bintan, Bawaslu Bintan, Badan Kesbangpol dan Satpol PP Bintan.

Wakil Bupati Bintan, H Khazalik mengatakan, menghadapi Pileg dan Pilpres 2014, peran anggota Linmas sangat dibutuhkan untuk pengamanan. Semua pihak memiliki tugas berat dan tanggung jawab yang besar guna menyukseskan pesta demokrasi itu. Justru itu, harus diciptakan situasi yang aman dan kondusif. Potensi terjadi konflik menjelang pelaksanaan Pileg dan Pilpres cukup besar.

Pemerintah mengimbau agar semua lapisan menjaga nilai persatuan dan bekerja lebih giat bagi petugas. Sehingga semua bentuk ancaman dan hambatan terhadap pelaksanaan pemilu itu bisa diminimalisir.

Yang menjadi perhatian itu antara lain tingkat kemampuan keterampilan dan kepekaan terhadap perubahan dinamika masyarakat yang cepat, tingkatkan kordinasi dan komunikasi dan jalankan tugas penuh tanggung jawab. Mari tingkatkan citra dan disiplin serta pengabdian bagi bangsa dan negara sebagai aparat perlindung masyarakat, pesan Khazalik.

Upacara pelatihan bagi Linmas yang ditandai penyematan tanda peserta itu dihadiri Ketua DPRD Bintan, Lamen Sarihi, Kapolres Bintan AKBP Kristiaji, Kepala Badan Kesbangpol Irma Annisa, para camat, anggota KPU dan Panwas Bintan dan sejumlah pejabat eselon di Pemkab Bintan. (Humas)

suprapto

Read Previous

Dispora Gelar Rakor Pemuda dan Pelatihan

Read Next

Dispora Sebut 14 Pengkot Olahraga Bermasalah di Tanjungpinang