Generasi Muda Bisa Ikut Pemilihan Duta Bahasa 2013

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sebagai Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa sastra Indonesia dan daerah, akan melaksanakan pemilihan duta bahasa Tingkat Porvinsi, pada 12 – 15 September 2013 di Hotel Comfort Tanjungpinang.

“Bagi generasi pemuda yang ingin menyalurkan bakatnya, bisa dengan cara mengirim esai berjudul bahasa Indonesia dalam pergaulan pemuda,” kata pantia pelaksana Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Novi, Jumat (6/9) kepada IsuKepri.com.

Dia mengatakan, kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau yang bertugas dan berfungsi sebagai merumuskan, melaksanakan kebijakan penelitian, pengembangan, dan pembinaan bahasa dan sastra Indonesia dan daerah.

Pemilihan duta bahasa Tingkat Porvinsi 2013 untuk genersi muda tersebut, bertujuan untuk mengambil nilai positif tentang bahasa Indonesia dan untuk mengikuti ke tingkat nasional.

Sesuai visi terwujudnya kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau sebagai lembaga penelitian dan pengembangan yang unggul, pusat informasi, dan pelayanan prima dibidang kebahasaan dan kesastraan dalam upaya memperkukuh jati diri bangsa (ke indonesiaan), dan menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa yang berwibawa dalam perhubungan luas tingkat antar bangsa.

Selain melaksanakan pemilihan duta bahasa, juga untuk meningkatkan mutu penelitian bahasa dan sastra. Meningkatkan mutu bahasa dan sastra. Meningkatkan sikap positif masyarakat terhadap bahasa dan sastra. Meningkatkan bahan dan mutu pelayanan informasi kebahasaan dan kesastraan. Mengembangkan kualitas tenaga kebahasaan dan kesastraan dan mengembangkan kerjasama kebahasaan dan kesastraan.

Sementara untuk para peserta yang ingin mengikuti lomba pemilihan duta bahasa tersebut, Novi mengatakan, usianya maksimal sekitar 25 tahun atau tamatan SMA. Sebelumnya, pada tanggal 12 yaitu acara pembukaan sekalian mengenalkan duta bahasa 2011 dan 2012. Sedangkan pada 15 September 2013 nanti yaitu pengenalan materi.

Setelah itu, sambung dia, untuk para peserta akan diseleksi atau dikarantina pada tanggal 12 – 15 Sepetember 2013, dan yang akan diambil atau dipilih nanti hanya sekitar 7 pasang putra dan putri.

“Dari 7 pasang yang terpilih nanti, pemenangnya hanya diambil 2 pasang untuk tingkat provinsi. Lalu dari 2 pasang pemenang tersebut, akan kita seleksi lagi dan hanya satu pasang untuk kita kirim atau ikut sertakan ke tingkat nasional,” katanya.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan datang ke kantor Bahasa Provinsi Kepri, Jalan Rumah Sakit Tanjungpinang, (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri

Read Next

KPPAD Harap Kalangan Respon Terhadap Hak Anak