Ansar Ajak Petani Bintan Gemukkan Sapi Kurban

Bintan, IsuKepri.com – Bupati Bintan, Ansar Ahmad mengajak petani untuk menggalakkan penggemukan sapi kurban. Hal ini diimbau mengingat peluang usaha penggemukan sapi kurban sangat menjanjikan keuntungannya. Bahkan kebutuhan daging sapi terus meningkat.
“Kita mengajak dan mendukung petani untuk terus menggiatkan penggemukan sapi dan peternakan sapi. Mengingat peluang usaha ini sangat terbuka dan keuntungannya di depan mata, apalagi menjelang hari Raya Idul Adha seperti saat ini,” kata Ansar, di Bintan Buyu, kemarin.

Sentra penggemukan sapi saat di Kabupaten Bintan tersebar di tujuh Kecamatan mulai dari Bintan Utara, Seri Kuala Lobam, Teluksebong, Telukbintan, Toapaya, Gunungkijang, dan sebagian di Bintan Timur. Namun desa-desa yang mendominasi adalah Desa Sri Bintan, Ekang Anculai, Sungai Jeram, Toapaya dan beberapa di wilayah Gunungkijang.

Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dintanhut) Kabupaten Bintan, Adi Prihantara mengatakan Dintanhut tahun ini menyediakan stok sapi kurban sebanyak 184 ekor sapi yang selama satu tahun ini tercatat dalam program penggemukan sapi yang dipelihara oleh petani. Dengan harga berkisar Rp12-16 juta per ekor, dengan berat kotor berkisar 250 kilogram hingga 350 kilogram.

“Stok untuk tahun ini dari pemerintah yang tercatat dalam program penggemukan sapi yang dipelihara petani sebanyak 184 ekor sapi kurban,” kata Adi Prihantara.

Selain Dintanhut menyediakan stok sapi kurban dari program penggemukan sapi, warga juga secara mandiri melaksanakan penggemukan sapi sebagai usaha meningkatkan pendapatan petani yang jumlahnya bisa jadi lebih banyak dari program penggemukan sapi yang diprogramkan pemerintah.

“Sebagian warga juga melakukan penggemukan sapi secara mandiri sebagai usaha petani meningkatkan pendapatan,” terangnya.

Apabila stok sapi kurban di Bintan kekurangan biasanya tengkulak sapi akan mendatangkan sapi kurban dari Jambi dan dari Lampung.

“Apabila kekurangan sapi kurban, biasanya tengkulak mendatangkan sapi kurban dari Jambi dan dari Lampung,” jelasnya. (HK)

suprapto

Read Previous

Tiga Warga Rutan Bebas Awal September 2013

Read Next

Toilet Umum Tugu Pensil Dijadikan Tempat Mesum