KMP Gelar Seminar Kebangsaan di Belakanpadang

Batam, IsuKepri.com – Komunitas Merah Putih (KMP) Kepulauan Riau gelar seminar kebangsaan di titik perbatasan, Sabtu (25/5). Kegiatan yang mengambil tema menjaga nasionalisme di titik perbatasan adalah tanggungjawab anak bangsa dihadiri puluhan masyarakat Belakangpadang. Aries Munandar, ketua pelaksana kepada IsuKepri.com mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan kepedulian terhadap kondisi perbatasan yang kurang mendapatkan perhatian.

” Menjaga perbatasan adalah tugas semua kelompok bangsa, baik itu pemerintah maupun masyarakat. Menjaga perbatasan bukan tanggungjawab pihak angkatan saja, ” ujarnya di Belakangpadang.

Belakangpadang yang secara geografis sangat strategis karena berdekatan dengan negara tetangga yakni Singapura. Belakangpadang sangat rentan terhadap pengarus asing.

” Secara kasat mata, kita berdekatan dengan negara tetangga yakni Singapura. Namun pembangunan dan kesejahteraan di beranda terdepan ini masih sangat jauh dari harapan. Masyarakat perbatasan masih terbelakang, miskin dan sangat minim fasilitas publik, ” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa setiap anak-anak bangsa harus memainkan peran nya dalam menjaga NKRI. ” NKRI adalah harga mati, NKRI jangan di jadikan konsumsi politik. Setiap anak-anak bangsa wajib mengambil peran untuk menjaga keutuhan NKRI, ” ujarnya.

Pulau-pulau terluar juga sering di ambil oleh negara lain yaitu pulau yang mayoritasnya tidak berpenghuni, jauh dari perhatian pemerintah,serta tidak berfungsinya sarana dan prasarana di perbatasan.

“Saat ini masih banyak masyarakat perbatasan yang belum bisa merasakan berbagai fasilitas seperti air bersih,layanan kesehatan,pendidikan serta bangunan-bangunan infrastruktur lainnya, ” ungkapnya.

Terbentuknya Badan Pengelola Perbatasan (BPP) setidaknya memberikan secerah harapan yang nyata bagi kesejahteraan masyarakat di perbatasan. Karena itu ia mengajak seluruh pemuda,masyarakat dan bahkan pemerintah sekalipun untuk ikut berperan aktif dalam peduli tentang nasib pulau perbatasan agar keutuhan NKRI tetap utuh kemasa yang akan datang. (Slk)

suprapto

Read Previous

Senator : Masyarakat Perbatasan Belum Merdeka

Read Next

KMP Santuni Beasiswa Anak Perbatasan Belakangpadang