• September 28, 2020

Prestasi Mahasiswa Indonesia di Kancah Dunia

Jakarta, IsuKepri,com – 15 Mahasiswa Indonesia berhasil menyisihkan pesaing dari 25 negara peserta  dalam Festival Pemuda Dunia atau Internasinal Youth Festival 2012-2013 di Pune, India, pada 10 Februari lalu, dan berhasil mengharumkan nama Indonesia sebagai juara pertama.

Tari Saman asal Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam yang ditampilkan oleh Mahasiswa Indonesia yang menghantarkan mereka menjadi juara dalam ajang dunia tersebut.

Dalam even tersebut, mahasiwa Indonesia tidak hanya menampilkan kesenian Indonesia. Mereka juga memperkenalkan kuliner asal tanah air seperti risoles, bakwan, es buah, lapis lengit dan pisang rebus yang di buat mereka sendiri.

” Internasinal Youth Festival yang merupakan ajang tahunan Universitas Pune mendapat sambutan luar biasa dari tamu undangan dan masyarakat luas, ” ujar Indra Kesuma Oesman, Konsul Jendral RI di Mumbai, India.

Indra menmbahkan, kegiatan ini digagas untuk membuktikan bahwa mahasiwa yang kuliah di India mencintai negara asal mereka masing-masing.

” Kegitan ini melombakan kesenian dan kebudayaan bari mahasiwa asing yang kuliah di sebanyak 40 perguruan tinggi dan politeknik afilisi India, ” ujarnya.

Universitas Pune merupakan salah satu perguruan tinggi ternama di India yang berdiri sekitar tahun 1948 M dan sekarang memiliki sekitar 170.000 mahasiswa lokal, serta mahasiswa dari 104 negara di dunia.

Sekitar 15 mahasiswa yang tercatat  kuliah di Universitas Pune dan afiliansinya seperti Symbiosis Internasional University dan Spicer Memorial College.

” Meskipun jumlah mereka hanya 15 orang, perjuangan mengharumkan nama Indonesia dan mempromosikan kesenian dan kebudayaan Indonesia di kancah dunia patut diberi penghargaan, ” tambah Indra. (jpnn/Yano)

0 Reviews

Write a Review

Karyano Efiandi

Read Previous

Suradji : Menyongsong 2014, Caleg Terlalu Reaktif

Read Next

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Oleh MPR RI