Asteroid DA14 Pecahkan Rekor Melintasi Bumi

IsuKepri.com –  Asteroid yang besarnya lebih kurang separuh lapangan bola bakal melintas sangat dekat dengan Bumi pada hari Sabtu (26/2/2013). Dengan jarak terdekat 27.700 km, asteroid ini bakal memecahkan rekor sebagai asteroid terbesar yang melintasi Bumi dengan jarak paling dekat.

Asteroid yang akan melintas bernama 2012 DA14. Ukuran asteroid ini sekitar 8 meter dengan berat 0,3 juta ton. Asteroid ini menjadi asteroid terbesar yang pernah melintas sangat dekat selama 20 tahun terakhir.

Asteroid 2012 DA14 diketahui akan mencapai jarak terdekat pada hari Sabtu sekitar 02.26 WIB. Berada pada jarak dekat, asteroid ini bisa diamati oleh warga Indonesia, walau harus dengan menggunakan teleskop.

Astronom Amatir Ma”‘rufin Sudibyo mengungkapkan Asteroid 2012 DA14 bakal melintas pada ketinggian lebih rendah dibanding orbit satelit-satelit geostasioner yang mencakup sejumlah satelit komunikasi dan cuaca yang penting. Dengan kedekatan jaraknya, asteroid ini bakal nyaris “mencium” Bumi.

Meski demikian, menurut Ma”‘rufin, potensi asteroid menumbuk satelit sangat kecil. Bakal bergerak dengan kecepatan relatif 28.000 km/jam terhadap Bumi, peluang asteroid ini menumbuk Bumi pun nol. Jadi, tak akan ada bencana gara-gara asteroid ini.

Thomas Djamaluddin, astrofisikawan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Selasa (5/2/2013), justru mengatakan, asteroid bisa jadi bahan pengamatan.

” Pengamat di Indonesia bisa menyaksikannya dengan teleskop. Asteroid tampak seperti bintang redup yang bergerak dari barat ke timur laut. ” ujar Thomas.

Humberto Campins, astronom dari University of Central Florida seperti diberitakan Cosmos Magazine mengatakan, mempelajari asteroid penting. Asteroid menawarkan kesempatan mengetahui sejarah Tata Surya.

Penelitian tentang asteroid juga penting sebab walaupun peluangnya kecil, terdapat asteroid yang memang berpotensi menghantam Bumi. Jika sampai ada asteroid yang menghantam Bumi, kekuatan ledakan yang ditimbulkannya bisa mencapai ratusan ribu kali bom Hiroshima.

2012 DA14 baru saja ditemukan tahun lalu. Menurut para astronom, ukuran asteroid ini tergolong besar, setara asteroid yang mengakibatkan ledakan di wilayah Rusia pada tahun 1908. (Net/Yano)

Karyano Efiandi

Read Previous

Ribuan Buruh Padati Bundaran HI

Read Next

A Good Day to Die Hard