2013 Dolar dapat menembus Rp.10.000

JAKARTA, IsuKepri.com – kata Ekonom dari Standard Chartered Bank Fauzi Ichsan, tahun 2013 nilai tukar rupiah pada dolar AS diperkirakan dapat menembus angka hingga Rp.10.000 per dolar.

“Dolar bisa menembus Rp10 ribu, tapi rupiah akan menguat lagi menjadi Rp9.500 per dolar pada akhir tahun,” kata Fauzi usai jumpa pers di Jakarta, Jumat.

Bank Indonesia diharapkan melakukan intervensi di pasar valas sehingga nilai tukar rupiah bisa dikendalikan, karena menurut Fauzi pelemahan nilai tukar rupiah itu bisa mengurangi impor dan meningkatkan ekspor

Fauzi mengatakan,Hal itu dapat dilakukan bila nilai tukar rupiah terlalu rendah, karena BI memiliki cadangan devisa yang cukup untuk melakukan intervensi pasar.

“Rupiah jangan sampai tembus Rp10 ribu dulu deh, karena Rp10 ribu kan level psikologis, kuncinya BI mau intervensi apa tidak, kuncinya di situ,” Ujar Fauzi

Pihaknya memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai 6,5 persen pada 2013 dan tidak terpengaruh oleh gejolak ekonomi global karena didukung konsumsi domestik yang kuat.

Sementara Fauzi memprediksi BI rate akan naik menjadi 6,25 persen karena adanya peningkatan inflasi pada semester kedua tahun 2013.

Pada awal tahun 2013, Bank Indonesia memutuskan tetap mempertahankan tingkat BI rate sebesar 5,75 persen yang dinilai masih konsisten dengan sasaran inflasi sebesar 3,5 – 5,5 persen.

“Dengan prediksi inflasi yang tetap terkendali dan rendah pada 2013, BI masih mempertahankan BI Rate pada 5,75 persen,” kata Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution.

Menurut Darmin, hasil dari evaluasi menyeluruh terhadap kinerja pada 2012 dan prospek tahun 2013 dan 2014 menunjukkan perekonomian Indonesia tumbuh cukup tinggi dengan inflasi yang terkendali.

Ke depan, BI juga akan terus mempererat koordinasi dengan pemerintah untuk mengelola permintaan domestik dan menjaga pertumbuhan ekonomi nasional tetap tinggi.(Antr/kvn)

0 Reviews

Write a Review

suprapto

Read Previous

Perahu Terbalik Ketika Tim SAR Hendak Evakuasi Mayat

Read Next

Desa Lanjut Lingga Gelar Lomba Tembak

2013 Dolar dapat menembus Rp.10.000