• September 24, 2020

HUT ke-75, ANTARA Tanam Pohon di Pulau Terluar

BATAM, IsuKepri.Com — Memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-75 pada 13 Desember 2012, Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Kepulauan Riau akan melakukan penanaman pohon di pulau terluar. Kegiatan dilakukan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Batam, Badan Pengelolaan Dampak Lingkungan Daerah Kota Batam dan Dinas Pertanian, Kehutanan dan Peternakan Provinsi Kepulauan Riau di salah satu pulau terluar NKRI, Pulau Putri.

“ANTARA bekerjasama dengan beberapa pihak untuk mencoba menyelamatkan Pulau Putri yang kondisinya sangat memprihatinkan,” kata Kepala Biro ANTARA Kepulauan Riau, Evy Ratnawati Syamsir di Batam, Minggu (9/12/12).

Menurut Evy, sebagai penentu batas teritorial Indonesia, keberadaan Pulau Putri harus dilestarikan. Salah satu caranya dilakukan dengan menanam pohon untuk menopang kehidupan pulau.

Dalam kunjungan terakhir, pulau berpasir putih itu tampak kotor dan tandus. Sebagian dari pulau sudah terendam air hingga terbagi menjadi tiga gundukan.

“Makanya, kami coba untuk merehabilitasi pulau itu dengan melakukan penanaman dan bersih-bersih pantai,” katanya.

Rencananya, ANTARA menanam 1.000 pohon bakau dan pinus pantai secara bertahap. Selain menanam pohon, ANTARA juga akan membersihkan pulau yang kotor oleh sampah domestik dan limbah bahan beracun berbahaya yang terbawa arus dari perairan internasional.

Penanaman pohon secara bertahap dilakukan, karena saat ini sedang musim Angin Utara. Jika ditanam sekaligus, dikhawatirkan bibit tanaman akan langsung terbawa arus ketika laut pasang. Kondisi pulau yang rusak juga tidak bisa untuk menanam banyak pohon.

“Kami coba 1.000 dulu, karena luas pulau juga terbatas akibat terendam air,” imbuhnya.

Di tempat terpisah, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan mengatakan sangat mendukung kegiatan ANTARA yang akan melakukan penanaman pohon bakau dan pinus di Pulau Putri. Kegiatan yang dilakukan di pulau terluar ini dapat menyelamatkan pulau dari ancaman tenggelam akibat pengikisan pantai (abrasi).

“Pulau Putri adalah pulau terluar yang harus kita jaga,” kata Wali Kota yang berencana hadir dalam puncak perayaan HUT ANTARA di Batam. (r)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

Hasil Liga Premiere Inggris, Sabtu 8-12-2012

Read Next

Hasil Liga Premiere Inggris, Minggu 9-12-2012