• September 30, 2020

Pemekaran Kabupaten/Kota di Kepri, Kundur Selangkah lebih Maju

Tanjungpinang, IsuKepri.com – menurut Kepala Biro Pemerintahan Pemerintah Kepulauan Riau (Kepri), Doli Boniara, ketika membuka rapat fasilitasi dan koordinasi usulan pemekaran kabupaten/kota di Kepri, pemekaran Kecamatan Kundur menjadi kabupaten baru di Karimun lebih maju selangkah dibandingkan usulan pemekaran Natuna Selatan dan Natuna Barat karena belum memenuhi persyaratan untuk dimekarkan dari Kabupaten Natuna.

“Persyaratan fisik, kajian akademis dan persyaratan administrasi belum dipenuhi dalam memperjuangkan pemekaran Natuna Selatan dan Natuna Barat,” tegas Doli Boniara.

Usulan pemekaran Natuna Selatan dan Natuna Barat masing-masing hanya menyertakan empat kecamatan, sementara berdasarkan ketentuan yang berlaku minimal lima kecamatan. Selain itu, Pemerintah Kepri juga belum menerima hasil kajian akademis dari perguruan tinggi tertentu terkait rencana pemekaran kedua kawasan yang berada di Natuna tersebut.

“Persyaratan itu harus dipenuhi agar dapat ditindaklanjuti,” lanjutnya.

sementara, Pengurus pemekaran Kundur sudah melengkapi persyaratan fisik dengan mengajukan enam kecamatan yang bergabung dengan Kundur.

Selain itu, usulan pemekaran Kundur juga sudah dilengkapi dengan naskah akademis hasil penelitian perguruan tinggi.

“Yang perlu diperbaiki hanya syarat administrasi yang diajukan. Namun pejuang pemekaran juga harus memperhatikan moratorium kecamatan yang dilakukan pemerintah pusat,” ungkapnya.

Ketua Komisi I DPRD Kepri, Syarafuddin Aluan mengatakan, pemerintah dan masyarakat sebaiknya berpikir positif terhadap rencana pemekaran tersebut. Pemekaran ketiga daerah itu, terutama Kundur untuk kepentingan masyarakat. (Ant/One)

0 Reviews

Write a Review

ione

Read Previous

Hasil Liga Champions Eropa, Kamis 22-12-2012

Read Next

Liga Mahasiswa Galang Dana Untuk Palestina