• September 25, 2020

Gempa Berkuatan 4,0 Skala Richter Guncang Kendari

Kendari, IsuKepri.com – Gempa berkuatan 4,0 skala richter menguncang wilayah Kendari,Sulawesi Tenggara, Sabtu (17/11) siang.

Hal ini diungkapkan oleh Suwardi S.Si, Kepala BMKG Stasiun Geofikasi Kendari saat dikonfirmasi mengenai gempa mengatakan, gempa itu terjadi sekitar pukul 13.27 Wita dengan kekuatan 4.0 skala richter. Dengan intensitas getaran 4 MMI.

“Jadi lokasi gempa berada di 4.11 Lintang Selatan-122.57 Bujur Timur, dengan pusat gempa tepatnya 8.0 KM Barat Laut Moramo Sulawesi Tenggara dengan kedalaman 9.9 km, dengan 17.2 km Barat Daya Kendari,” ungkap Suwardi.

Warga yang sedang beristirahat berhamburan keluar rumah, karena kaget dan panik dengan kerasnya getaran gempa tersebut.

Aisyah salah seorang warga Kelurahan Lepo-Lepo Kendari, Sulawesi Tenggara, mengaku sangat kaget dengan getaran yang keras. Ia bersama saudaranya yang sedang menyantap makan siang langsung lari keluar rumah, karena khawatir akan adanya gempa susulan.

“Bagaimana kita tidak berhamburan keluar rumah, suara getaran seperti gemuruh sangat keras sekali, atap rumah juga goyang. Giliran keluar dari rumah panasnya minta ampun, tetapi tidak apa-apa dari pada kita di dalam rumah ada gempa susulan lebih parah lagi,” tutur Aisyah.

Menurut Suwardi, gempa itu tidak berpotensi tsunami dan gempa susulan getarannya lebih kecil. Gempa itu disebabkan oleh terjadinya pergeseran lempeng Lasolo melalui lempeng Palukoro yang membujur dari arah Utara tepatnya Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah. (Net/One)

0 Reviews

Write a Review

ione

Read Previous

47 PNS Pemko Batam Masuki Usia Pensiun

Read Next

Peran Mahasiswa dalam Mengawal Demokrasi Indonesia