Bantu Jamaah Haji, Jangan Tunggu Diminta

BATAM, IsuKepri.Com — Saling membantu antar sesama jamaah merupakan salah satu sarana untuk menjaga kekompakan. Terutama oleh jamaah haji yang sudah memiliki pengalaman berhaji untuk membantu jamaah haji yang baru pertama haji.

“Jika melihat atau menemukan yang lain mengalami kesulitan, segera beri bantuan,” kata Wakil Bupati Rokan Hulu, Hafith Syukri saat melepas keberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) kloter 15 Embarkasi Batam, Kamis (4/10/2012).

JCH kloter 15 terdiri atas 247 JCH Kabupaten Rokan Hulu, 188 JCH Kota Pekanbaru dan 5 petugas kloter. Dari 440 jamaah ini, sebanyak 21 jamaah sudah pernah menunaikan ibadah haji. Bahkan ada yang sampai hingga tiga kali naik haji.

Bantuan bagi jamaah yang baru menunaikan ibadah haji ini sangat penting guna menjaga kelancaran proses ibadah di tanah suci. Mengingat perjalanan yang ditempuh jamaah haji sangat panjang dan menguras tenaga.

“Ibadah haji merupakan ibadah fisik, jadi pandai-pandai menjaga diri,” imbuh Hafith.

Selain itu, para jamaah juga dipesan untuk menggunakan masker agar terhindar dari debu. Dan memaksimalkan waktu selama di tanah suci, benar-benar untuk beribadah.

Memperbanyak ibadah, terutama harus dilakukan pada saat wukuf, yang merupakan puncaknya haji. Di mana waktu yang afdal adalah setelah waktu Ashar menjelang Maghrib di Arafah.

“Kalau bisa setelah Ashar perbanyak ibadah, upayakan tidak batal wudhu dan berdzikir terus sampai waktu Maghrib. Manfaatkan waktu semaksimal mungkin, jangan nanti pulang kembali ke tanah air menyesal karena masih belum banyak ibadah,” katanya.

Sementara itu dalam laporannya, Wakil Sekretaris I Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam, Alikek menyatakan sudah memberangkatkan sebanyak 14 kloter. JCH ini diberangkatkan melalui Embarkasi Batam menuju Madinah al-Munawwarah, dengan total sebanyak 6.269 orang.

Terdapat 3 orang jamaah yang gagal diberangkatkan ke Arab Saudi. Yakni Sari Ana Binti Syarif [wafat di daerah], Sahar Binti Penghulu Yahya dan Fatimah Binti Goah [sakit di daerah].
Ketiganya merupakan JCH asal Kabupaten Rokan Hulu.

“Menurut jadwal, JCH Kloter 15 Embarkasi Batam take off dari Bandara Hang Nadim Batam pada 4 Oktober 2012, pukul 22.05 WIB. Dan insyaAllah, sesuai jadwal akan tiba di bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah pada 5 Oktober 2012 pukul 02.55 Waktu Arab Saudi (WAS) dini hari,” kata Alikek. (eki)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

44 Investor Pahang Kunjungi Batam

Read Next

Hamil, JCH Kloter 16 Gagal ke Tanah Suci