• September 26, 2020

Hamil, JCH Kloter 16 Gagal ke Tanah Suci

BATAM, IsuKepri.Com — Seorang jamaah calon haji (JCH) kloter 16 Embarkasi Batam, Simaini Binti Umar, gagal diberangkatkan ke tanah suci. Perempuan berusia 40 tahun ini diketahui sedang hamil setelah menjalani tes urine di Embarkasi Batam.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan tim kesehatan, Simaini sedang hamil 10 minggu,” kata Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam, Handarlin melalui Wakil Sekretaris I, Alikek dalam pelepasan kloter 16, Jumat (5/10/2012).

Keputusan Tim Kesehatan ini sejalan dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Menteri Agama dan Menteri Kesehatan Nomor : 458 TAHUN 2000, dan Nomor 1652.A/MENKES-KESOS/SKB/XI/2000. Pada Pasal 2 SKB tersebut dinyatakan, salah satu persyaratan JCH wanita hamil yang diizinkan menunaikan ibadah haji adalah usia kehamilan mencapai sekurang-kurangnya 14 minggu dan sebanyak-banyaknya 26 minggu.

Hasil pemeriksaan kesehatan ini membuat JCH yang berasal dari Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Provinsi Riau tersebut harus menunda keberangkatannya ke Arab Saudi pada tahun ini. Namun ia tidak sendiri, suaminya Abdul Muis Bin Bikam bersedia mendampingi sang istri dan menunda keberangkatannya ke tanah suci sampai tahun depan.

Sementara itu, Wakil Ketua I PPIH Embarkasi Batam, Zulkifli Aka menyatakan, kloter 16 Embarkasi Batam merupakan JCH asal Kabupaten Kuansing, Pelalawan dan Kota Pekanbaru dengan jumlah 449 orang. Namun karena terdapat dua orang JCH yang ditunda keberangkatannya, maka jumlahnya berkurang menjadi 447 orang.

Sesuai jadwal, JCH kloter 16 take off dari Bandara Hang Nadim Batam menuju Madinah pada 5 Oktober 2012, pukul 22.05 WIB.

“Ini merupakan kloter terakhir gelombang pertama yang menuju ke Medinah. Selanjutnya, kloter kedua akan diterbangkan dari Batam menuju Mekah,” ujarnya.

Selama di Makkah, jelas Zulkifli, jamaah haji kloter 16 akan menempati pemondokan di wilayah Bakhutmah, nomor rumah 1006 dan 1007. Dan dijadwalkan tiba kembali di tanah air pada 15 Nopember 2012 mendatang.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kuansing, Yulisman berharap, jamaah haji kloter 16 dapat menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji dengan baik. Serta selalu diberikan kesehatan dan kekuatan untuk mampu melaksanakannya.

“Semoga jamaah haji kloter 16 dapat kembali ke tanah air dengan selamat,” harapnya. (eki)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

Bantu Jamaah Haji, Jangan Tunggu Diminta

Read Next

Humas Pelalawan Kunjungi Humas Batam