• September 29, 2020

Pemprov Kepri Kucurkan Dana Haji Rp2,093 Miliar

BATAM, IsuKepri.Com — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri mengucurkan anggaran sebesar Rp2,093 miliar bagi Embarkasi Haji Batam dalam musim haji 2012. Nilai bantuan ini meningkat sekitar Rp593 juta dibandingkan tahun sebelumnya, musim haji 2011 sebesar Rp1,5 miliar.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kabiro Kesra) Pemprov Kepri, Dimyath menyatakan, bantuan yang diberikan bagi Embarkasi Haji Batam untuk mendukung pelayanan bagi jamaah haji. Diantaranya untuk membantu transportasi jamaah haji Provinsi Kepri, Riau, Jambi dan Kalimantan Barat.

“Bantuan dari Pemprov pada tahun ini meningkat menjadi Rp2,093 miliar,” ungkapnya usai Rapat Koordinasi PPIH Embarkasi Batam di Asrama Haji Batam Centre, Selasa (18/9/2012).

Bantuan transportasi diberikan, meliputi antar jemput kedatangan calon jamaah haji (CJH) di pelabuhan domestik Sekupang, Telaga Punggur maupun Bandara Hang Nadim menuju Asrama Haji, Batam Center. Begitupun saat jamaah haji Embarkasi Batam kembali dari tanah suci untuk pulang ke daerah asal, juga akan mendapatkan layanan antar jemput dari bandara Hang Nadim-Asrama Haji-pelabuhan domestik Sekupang/Telaga Punggur/Bandara Hang Nadim. Bantuan transportasi ini meliputi angkutan koper jamaah, kesehatan, porter bandara, bantuan mobil keamanan dan bantuan transportasi operasional.

Kepada setiap CJH Embarkasi Batam, Pemprov Kepri juga akan memberikan makanan tambahan abon ikan, berbeda dengan tahun sebelumnya, ikan bilis. Makanan yang bisa dijadikan lauk itu, diharapkan dapat menjadi bekal jamaah selama ibadah haji dan membantu jamaah yang hanya terbiasa dengan makanan Melayu.

Makanan tambahan Abon Ikan ini merupakan makanan khas Melayu yang tahan lama. Bisa menjadi bekal untuk membantu para jamaah haji dalam memenuhi konsumsi sehari-hari di tanah suci.

“Ini berdasarkan masukan dari para jamaah haji sebelumnya, terutama jamaah haji lanjut usia. Agar makanan tambahan yang diberikan mudah dimakan,” katanya.

Sementara bagi jamaah haji asal Kepri, Pemprov Kepri juga akan memberikan suvenir atau cinderamata, sepulangnya dari menunaikan ibadah haji di tanah suci. Yakni berupa kain sarung dan sajadah yang diberikan kepada setiap jamaah haji asal Kepri. (eki)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

Parkir BCS Mall Dilarang Diluar Patron

Read Next

Matchday 1 Liga Champions Eropa 2012-2013